Tim Baik Hati Menyalurkan Ribuan Paket Sembako, Dewi Perssik Terjun Langsung

Jumat, 16 Juli 2021 – 09:48 WIB
Foto: baikhati.id

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan dalam beberapa pekan terakhir.

Pecah rekor lagi pada Kamis (15/7) kemarin, dengan kasus baru positif COVID-19 mencapai 56.757.

BACA JUGA: Karsini dan Susanti Kaget Melihat Presiden Jokowi di Depan Rumahnya, Kamis Malam

Kondisi ekonomi masyarakat miskin makin terjepit lantaran terbatasnya mobilitas akibat PPKM Darurat..

Kelompok sukarelawan yang tergabung dalam Tim Baik Hati setiap hari menerima lebih dari 1.000 laporan warga kurang mampu untuk meminta bantuan sembako. Sebagian sedang menjalani isolasi mandiri alias isoman.

BACA JUGA: Aturan Baru soal Parkir, Seluruh Warga Surabaya Harus Tahu

“Kami menerima ribuan pengajuan bantuan dari warga setiap hari. Baik warga kurang mampu terdampak pandemi atau yang sedang isoman. Namun sumber daya kami terbatas, sehingga kami membuka bagi para sukarelawan dan donatur yang ingin membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan di tengah keterbatasan ini,” ujar Saptana, Perwakilan Tim Baik Hati, dalam keterangan persnya, Jumat (16/7).

Baik Hati memvalidasi satu per satu permintaan tersebut yang mayoritas berasal dari warga DKI Jakarta.

BACA JUGA: PB PGRI Berteriak Lantang soal Seleksi PPPK 2021, Ada 5 Poin Penting

Bantuan kali ini berasal dari beberapa pihak yaitu 1.000 paket sembako hasil donasi dari #SahabatBaik ke Baik Hati, 1.000 paket sembako dari komunitas BerbaGi Jakarta, dan 2.000 paket nasi siap makan dari penyanyi Dewi Perssik.

“Aku sedih melihat situasi sekarang. Dan satu hal yang bisa aku lakukan adalah ini. Menyisihkan sedikit rezeki untuk saudara-saudaraku yang kurang mampu. Aku ajak juga temen-temenku untuk ikut berbagi dan menyaksikan langsung kondisinya seperti apa,” kata Dewi Perssik.

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Dewi Persik ditemani oleh Selebgram Lucinta Luna dan Gina Youbi (Penyanyi) ikut terjun langsung membagikan paket sembako, dan nasi kotak siap makan kepada warga Kampung Sawah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Komunitas BerbaGi dan Baik Hati memiliki semangat yang sama, yaitu gotong royong, kerja sama untuk membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan bantuan di tengah pandemi ini. Maka kami berkolaborasi untuk menyalurkan setiap donasi kepada pihak-pihak yang tepat,” ucap Relawan Komunitas BerbaGi Jakarta, Veri Rusmanto.

Bantuan disalurkan pada Jumat (16/7) di 5 wilayah DKI Jakarta di antara di daerah Warakas (Jakarta Utara), Senen (Jakarta Pusat), Kampung Sawah, Kebayoran Baru (Jakarta Selatan), Jatinegara (Jakarta Timur), dan Cengkareng (Jakarta Barat).

Sebanyak 1.110 paket telah disalurkan kepada warga yang mengirimkan pesan ke WhatsApp Bot baikhati.id di DKI Jakarta dan ribuan lainnya disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia oleh Tim Relawan Baik Hati dalam dua hari terakhir.

Di antaranya di wilayah Bekasi, Banten, Gresik, Jawa Timur dan Jawa Tengah yang meliputi Semarang, DIY, Bantul, Pekalongan, Banyumas, Banjarnegara, dan Pemalang. Serta Jawa Barat, bantuan telah disalurkan ke warga Kuningan.

“Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah berdonasi dan warga yang telah melaporkan kondisinya kepada kami. Baik Hati terus membuka diri untuk kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan semangat saling membantu sesama di tengah pandemi ini,” tutup Saptana.

Sejak Kamis (15/7) hingga Jumat ini, total bantuan yang sudah disalurkan Baik Hati di seluruh Indonesia yaitu 5.000 paket sembako, 2.500 paket isoman, dan 2.000 nasi kotak siap makan. Juga 3.000 paket sembako yang akan disalurkan dalam beberapa hari ke depan. (esy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler