Tim Karate Pulang Bawa 4 Medali Emas, 8 Perak & 2 Perunggu, Dijemput di Bandara Soetta

Minggu, 22 Mei 2022 – 19:01 WIB
Tim Pencak Silat tiba di Indonesia dengan membawa pulang 14 medali di antaranya 4 Emas, 8 Perak, 2 Perunggu. Dijemput Kemenpora di Bandara Soetta. Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 16 atlet karate yang berlaga di SEA Games 2021 pulang dari Vietnam dengan membawa pulang 14 medali, yakni empat emas, delapan perak, dan dua perunggu.

Tim karate dijemput langsung perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diwakili Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawiro dan jajaran Kemenpora di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (22/5).

BACA JUGA: SEA Games 2021: Shin Tae Yong Sempat Ragu, Kini Yakin Anak Asuhnya Bisa Raih Perunggu

Hadir pula Wakil Sekretaris Jenderal KOI Wijaya M Noeradi dan jajaran, perwakilan dari KONI dan PB FORKI.

Mewakili Menpora Zainudin Amali, Asisten Deputi Kemiitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawiro mengucapkan selamat datang di tanah air kepada para atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama bangsa di SEA Games 2021 Vietnam.

BACA JUGA: Lihat Baik-Baik Wajah Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi Ini, Dia Sudah Ditangkap

"Alhamdulillah welcome home. Selamat datang kembali, dan kami berikan aplaus yang meriah kepada tim karate dengan target tiga emas, kawan- kawan bisa meraih medali empat emas, melebihi target. Hampir semua atlet memperoleh medali, luar biasa ini," ujarnya.

Dia berharap torehan prestasi cabang olahraga karate ini, menjadi contoh bagi cabang olahraga lainnya di mana dengan review yang ketat, tetapi dapat mempersembahkan medali.

BACA JUGA: Briptu Khairul Candra Tertembak Saat Menggerebek Bandar Narkoba, Begini Kondisinya

"Ini contoh sukses dari cabor karate, ternyata semua atlet yang kami pilih mendapatkan medali. Selamat untuk semua atlet, pengurus cabor, selamat untuk kerja bareng. Tentu kami akan persiapan diri untuk SEA Games Kamboja dan Asian Games 2023," katanya.

Dalam kesempatan ini, Manajer Tim Karate Indonesia Yusran Arief mengaku bersyukur karena tim mampu memenuhi target yang diberikan bahkan melampui target dari pemerintah dan PB FORKI.

Target yang diberikan kepada mereka hanya tiga emas, tetapi prestasi yang dipersembahkan empat emas, delapan perak dan dua perunggu.

"Dari awal saya sudah bilang bahwa target karate semua bisa target emas, tidak ada yang tidak target emas, semua berpeluang. Sebab ini olahraha tak terukur, dari 15 atlet yang kami masukkan, 12 jadi finalis dan alhamdulillah semua dapat medali dan tidak ada yang tangan kosong," katanya.

Sementara itu, Wasekjen KOI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenpora atas dukungannya dalam penyelenggaraan SEA Games 2021 Vietnam ini. Meskipun sebelumnya penuh dengan ketidakpastian sehingga mempengaruhi proses penganggaran.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, bahwa penyelenggaraan SEA Games tahun ini sangat luar biasa. Kami tahu bahwa SEA Gmaes penuh ketidakpastian, konfirmasi penyelenggaraan SEA Games sendiri baru Desember, dan Kemenpora harus mencari jalan keluar soal pendanaan," katanya.

Menurutnya, atlet, pengurus cabang olahraga dan federasi nasional pun mengucapkan terima kasih atas komitmen pemerintah untuk mengirim atlet di SEA Games tahun ini.

"Kami ucapkan kembali kepada Kemenpora kepada federasi nasional yang melakukan pembinaaan kepada atlet, kalianlah ujung tombak dari gerakan olimpiade di Indonesia dan tak lupa kepada mitra kami di KONI, kami mengucapkan terima kasih atas kerja samanya karena tim review melibatkan KONI, bukan hanya kami juga ada akademisi dan juga dari Kemenpora" ucapnya.

BACA JUGA: Polisi Ditembak Bandar Narkoba Saat Penggerebekan, Kapolda Sumsel Bilang Begini

Untuk diketahui, karate memperoleh empat medali emas masing-masing disumbangkan oleh atlet berikut ini dengan kategori:(dkk/jpnn)

1. Men's -60kg Kumite : Ari Saputra

2. Individual kata Men : Ahmad Zigi Zaresta Yuda

3. Women's -55kg Kumite Women : Cok Istri Agung Sanistyaran

4. Men's Team Kata:
• Albiadi
• Andy Tomy Aditya Mardana,
• Andi Dasril Dwi Dharmawan

Medali Perak

1. Women's -61kg Kumite : Devina Dea

2. Men's -67kg Kumite : Tebing Hutapea

3. Women's -68kg Kumite Women : Ceyco Georgia Zefanya

4. Men's -75kg Kumite : Ignatius Joshua Kandou

5. Women's +68kg Kumite Women : Dessyinta Rakawuni Banurea

6. Women's Team Kata
• Anugerah Nurul Lucky
• Dian Monika Nababan
• Emilia Sri Hanandyta

7. Women’s Team Kumite:
• Ceyco Georgia Zefanya
• Cok Istri Agung Sanistyarani
• Devina Dea
• Sharon Verlina Ririhena

8. Men’s Team Kumite:

• Ari Saputra
• Claudio Fernando Nenobesi
• Ignatius Joshua Kandau
• Nur Halim Arlendi
• Sandi Firmansah
• Tebing Hutapea

Medali Perunggu

1. Women's -50kg Kumite : Sharon Verlina Ririhena

2. Individual kata Women : Krisda Putri Aprilia

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler