Tim Pelajar U-18 Indonesia ke Final Asian School Football

Jumat, 15 September 2017 – 14:08 WIB
Suasana laga semifinal Indonesia vs Malaysia. Foto: R Isnanta/Kemenpora

jpnn.com, IRAN - Kabar gembira datang dari Tim Pelajar U-18 Indonesia yang berhasil melaju ke babak final Asian School Football U-18 Championship usai mengalahkan Malaysia 1-0 (0-0), Kamis (14/9) malam, di Championship, Shiraz, Iran.

Mendapatkan perlawanan sengit, M. Hambali dkk sempat ditahan imbang tanpa gol pada babak pertama.

BACA JUGA: Kemenpora Kirimkan 16 Pemain ke Turnamen di India

Dalam laga ini, perwakilan Kemenpora yang menghadiri turnamen itu menyebutkan bahwa sejatinya Indonesia dan Malaysia memiliki materi yang berimbang.

Itu terbukti dari permainan yang tak berat sebelah dan banyak dipertontonkan jual-beli serangan selama 90 menit pertandingan.

BACA JUGA: Menpora Raih Gelar Honoris Causa dari UINSA Surabaya

Di babak pertama, Indonesia sempat mendapatkan dua peluang bagus dan nyaris membuahkan gol, tapi kurang tenangnya eksekusi membuat skor sampai turun minum belum berubah. Laga berakhir imbang tanpa gol di jeda laga babak pertama

Memasuki babak kedua, Indonesia mulai melakukan perubahan dan mencoba untuk mengeksplorasi dari sisi tengah dan menambah variasi serangan dengan kombinasi umpan satu-dua di daerah pertahanan lawan.

BACA JUGA: Sukses Gelar GPN 2017, Bupati Tabanan Raih Penghargaan

Perubahan itu tampaknya membuahkan hasil. Sekitar 13 menit waktu berjalan di babak kedua, kedudukan akhirnya berubah 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Gol tercipta berawal dari inisiatif Rizki Fajar untuk melakukan penetrasi dan membawa bola sampai ke area penalti lawan setelah melakukan umpan kombinasi di sisi sayap.

Dia terus menekan, sebelum akhirnya menyodorkan bola ke Gusti Setiawan yang mampu diceploskan dengan mulus pada menit ke-58. Skor 1-0 terus bertahan samai peluit panjang dibunyikan.

Tim pelajar Indonesia yang merupakan pemain seleksi Kemenpora memiliki waktu jeda sehari sebelum menjalani laga final Jumat malam (16/9).

"Hasil ini patut disyukuri dan cukup menggembirakann, meski sempat menegangkan karena lawan berupaya keras untuk membobol gawang tim pelajar kita yang dikawal Reza Febrian," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta usai laga.

Lebih lanjut, Isnanta yang didamping Asdep Sentra Olahraga Teguh Raharjo dan Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI Ricky Yakob, menambahkan, pihaknya berharap doa dari seluruh warga masyarakat di tanah air, agar Garuda Muda bisa mengalahkan tuan rumah Iran A di babak final yang akan dimainkan di Besar Stadium pada Jumat pukul 17.00 waktu setempat.

Tim Iran A melaju ke final setelah mengalahkan Korea Selatan lewat drama adu finalti.

Sesuai rencana, babak final antara Indonesia melawan Iran A akan disiarkan secara live melalui video streaming website panitia di www.asff-football2017.com. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpora Doakan Timnas Pelajar U-18 Juara Asia


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler