Tim Setmilpres RI Sebut Posyandu Remaja Bisa jadi Ikon Baru Sumsel

Jumat, 23 Juni 2023 – 16:56 WIB
Tim Sekretar?iat Militer Presiden RI dipimpin Kepala Biro Penganugerahan, Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Setmilpres Kolonel Caj Sandy saat bertemu Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru di Hall C Griya Agung Palembang, Kamis (22/6). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Tim Sekretar?iat Militer Presiden (Setmilpres) RI tertarik dengan program unggulan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Sumatera Selatan (TP PKK Sumsel), yaitu Posyandu Remaja.

Hal ini disampaikan setelah TP PKK Sumsel memaparkan berbagai program unggulan dalam verifikasi usulan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Tim Setmilpres di Hall C Griya Agung Palembang, Kamis (22/6).

BACA JUGA: Verifikasi Penghargaan dari BKKBN, Tim Setmilpres RI dan Herman Deru Terjun Langsung

"Kami sangat tertarik dengan program Posyandu Remaja TP PKK Sumsel," kata Kepala Biro Penganugerahan, Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Setmilpres Kolonel Caj Sandy.

Menurutnya, program tersebut menjadi tempat edukasi dan persiapan para remaja dalam menggapai kehidupan di masa depan.

BACA JUGA: Feby Deru Hadiri Peringatan HKG PKK ke-51 Tingkat Nasional, Simak Pesan Ibu Negara Iriana

Selain itu, Posyandu Remaja juga diisi oleh para pakar serta dokter yang membidangi.

Kolonel Caj Sandy menilai Posyandu Remaja ini salah satu contoh yang bisa menjadi ikon bagi Sumsel.

"Posyandu Remaja bisa menjadi ikon. Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah BKKBN. Jadi ini keunikan inovasi luar biasa dan jasa TP PKK Sumsel," ujar Kolonel Caj Sandy.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru menjelaskan Posyandu Remaja berfokus pada edukasi para remaja, terutama mereka yang akan menikah.

Program tersebut sudah ada di 17 kabupaten/kota se-Sumsel.

Tak hanya itu, kegiatan diskusi dan pengajian juga ada di Posyandu Remaja.

"Jadi Posyandu Remaja ini akan memberikan edukasi kepada mereka para remaja pra-menikah," ungkapnya.

Tak hanya itu, Feby juga memaparkan program yang sudah dijalankan TP PKK Sumsel bersama TP PKK di 17 kabupaten/kota dalam menurunkan angka stunting.

Program yang digalakkan yaitu kegiatan pembinaan melalui Dasa Wisma.

Feby Deru menegaskan setiap program yang dijalankan tidak hanya seremonial saja, tetapi lebih banyak kepada pratik di lapangan.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim verifikasi usulan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Setmilpres yang sudah hadir ke Sumsel.

"Terima kasih semoga program ini bisa masuk dalam penghargaan. Ini bukan untuk saya pribadi, tetapi buat semua pengurus TP PKK se-Sumsel dan OPD serta mitra terkait," tutupnya.

Usai paparan di Griya Agung, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru dan Wakil Ketua I TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya mendampingi tim Setmilpres dan tim verifikasi untuk melakukan peninjauan lapangan usulan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya di beberapa Puskesmas dan Posyandu yang ada di Palembang.

Rombongan tersebut meninjau Puskesmas Makrayu, diawali dengan dapur tanggap yang diperuntukkan bagi para ibu hamil yang melakukan kontrol kehamilan dan tes kesehatan pada anak balita.

Sementara itu, pimpinan Puskesmas Makrayu Rina Haryanti mengatakan tim gizi rutin mengawasi asupan para ibu hamil dan balita.

"Untuk penanganan anak balita stunting, setiap hari kami memberikan makanan dengan menu gizi seimbang bervariasi yang diawasi langsung dari tim gizi. Pemberian makanan ini dilakukan setiap hari kerja, sehari 2 kali yaitu makan siang dan sore hari," papar Rina Haryanti.

Rina juga mengatakan kegiatan tersebut berkolaborasi dengan instansi pemerintah dengan berbagai program di antaranya petugas kesling, petugas batra yang berkolaborasi dengan lintas sektoral.

Melalui berbagai donatur, di antaranya DWP Pertamina, DWP PDAM, klinik dokter, Komunitas Bunda Merah Putih, Kantor Camat Ilir Barat II, Satgas Stunting Kota Palembang dan sumbangan dari karyawan Puskesmas Makrayu.

Seusai meninjau Puskemas Makrayu, tim Setmilpres bersama Feby Deru dan Fauziah Mawardi Yahya meninjau Posyandu As Syifa di Kelurahan Sentosa.

Di sini mereka mengawasi pemberian asupan gizi bagi balita, melihat kebun TP PKK, juga menyaksikan proses menimbang berat badan balita, dan penampilan grup salawatan bentukan Posyandu Remaja As Syifa. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler