Tim-Tim NBA Sibuk Saling Kontak Jelang Deadline Pertukaran Pemain

Siap-Siap Pindah Rumah

Selasa, 20 Januari 2009 – 08:59 WIB

Kamis, 19 Februari 2009, adalah hari penting bagi tim-tim NBAItu adalah hari terakhir mereka boleh melakukan pertukaran pemain di musim 2008-2009 ini

BACA JUGA: Persos Solo Terbantu Kehadiran Agnes Monica

Antara sekarang sampai deadline itu, jangan heran kalau bakal ada banyak bintang pindah alamat.

Musim reguler NBA berlangsung sangat panjang
Mulai akhir Oktober 2008 hingga pertengahan April nanti

BACA JUGA: Messi Sumpah Setia Bersama Barca

Setiap tim harus bermain 82 kali, separo di kandang, separo tandang
Karena waktu panjang itu pula, 30 tim peserta punya waktu untuk terus berbenah

BACA JUGA: Menpora: PAL dan Pelatnas Tetap Jalan

Kalau ada yang dianggap kurang pas, bisa melakukan pertukaran dengan tim lain.

Agar setiap tim tidak bisa terus bertukar seenaknya, NBA pun punya batasan-batasanYang paling utama, nilai kontrak pemain yang ditukar harus sebandingMaksimal berbeda 125 persenJadi, pemain bernilai USD 10 juta per musim harus ditukar dengan satu atau lebih pemain yang nilai gaji totalnya setara dengan USD 10 juta.

Batasan penting lain adalah batas akhir pertukaranAgar adil, pertukaran maksimal boleh dilakukan hingga 19 Februari 2009 iniDengan demikian, tim-tim yang lolos ke playoff tidak bisa mendadak menambah kekuatan untuk mengejar juara.

Deadline itu memang masih sebulan lagiNamun, karena proses pertukaran tidak semudah membalik tangan, mulai sekarang semua manajemen tim sibuk memantau pemain-pemain lawan dan menghitung kemungkinan pertukaran.

Mereka yang paling sibuk biasanya yang ada dalam posisi tanggungYaitu, tim-tim yang hanya butuh sedikit perubahan untuk mencapai potensi dahsyat.

Saat ini, yang terkesan paling sibuk mencari partner saling tukar adalah Miami Heat dan Detroit PistonsKalau Heat, mereka tampaknya bakal masuk playoff dengan amanMasalahnya, mereka mungkin tak bisa berbuat apa-apa di babak itu nantiDwyane Wade tak punya banyak bantuan, dan dia harus mengandalkan dua orang rookie sebagai senjata pendukung (Michael Beasley dan Mario Chalmers).

Kebutuhan utama Heat adalah big manSekarang mereka disebut sedang berbicara dengan Toronto RaptorsMereka akan meminta forward/center Jermaine O'Neal, menukarnya dengan Shawn Marion plus satu atau dua pemain lagi agar nilai kontraknya setara.

Satu-satunya kendala adalah kesehatan O'NealPemain 30 tahun itu sepertinya belum pulih benar dari operasi lutut yang dia jalani saat masih bersama Indiana Pacers tahun laluPat Riley, bos Heat, disebut sedang memantau O'Neal secara mendetail dalam beberapa game ke depanKalau O'Neal tampak oke, pertukaran bakal dilakukan.

Sementara itu, Pistons sedang dalam posisi "aneh." Mereka masih kuat, dan hampir pasti lolos playoffHanya, mereka tidak cukup kuat untuk kembali mengejar gelarDatangnya Allen Iverson beberapa bulan lalu tidak memperburuk performa, tapi juga tidak melonjakkan kemampuan tim.

Bos Pistons, Joe Dumars, punya dua pilihanMenukarkan lagi Iverson ke tim lain, atau menukarkan Richard HamiltonKedua pemain guard itu sekarang bermain di posisi "tumpuk." Keduanya saling mengganggu.

Michael Curry, pelatih Pistons, masih hati-hati dalam mengomentari kemungkinan pertukaran itu"Saya tidak bilang bahwa kami akan (melakukan pertukaran)Tapi kami akan memperhatikan (masalah) itu," ucapnya.

Bagi penggemar NBA, sebulan ke depan adalah masa-masa seru untuk memperhatikan gosip liga tersebutJangan heran kalau akan terjadi pertukaran heboh (blockbuster)Bukan hanya dari Heat atau Pistons, juga dari tim-tim lain yang tidak pernah kita duga. (azrul ananda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... The Gunners Bangkit Delapan Menit Terakhir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler