Timnas Basket Langsung ke Filipina

Sabtu, 01 Juni 2013 – 11:46 WIB

jpnn.com - JAKARTA- Para pebasket yang menghuni Pelatnas tak memiliki waktu santai. Usai berjibaku di kerasnya NBL Indonesia, para pemain tersebut langsung menjalani TC di Jakarta sebagai persiapan menjelang SEA Games 2013.

Tak hanya berlatih, para pemain tersebut juga akan menjalani serangkaian uji coba ke luar negeri. Pelatih Timnas Tjetjep Firmansyah mengatakan, Kelly Purwnto dkk akan dikirim ke Filipina sebagai ajang pemantapan tim.

BACA JUGA: Pirelli Bantah Ingin Untungkan Mercedes

“Filipina kami pilih karena memiliki permainan dan teknik yang sesuai dengan pemain Timnas,” terang Tjetjep di Jakarta, Sabtu (1/6).

Pertimbangan kecocokan tersebut yang membuat Timnas tak lagi melakuka TC di Australia. Hal tersebut berbeda 180 derajat dibandingkan dengan persiapan menuju SEA Games 2011 silam. Ketika itu, para pemain menjalani TC di Australia.

BACA JUGA: Diego Michiels Ikut Sedih Atas Tewasnya Tito Kei

Nah, setelah dievaluasi, hasil latihan di Negeri Kanguru, julukan Australia ternyata tak sesuai dengan target yang ingin dicapai Timnas. Tjetjep mengatakan, selama latihan di Australia, para pemain Timnas tak memiliki perpaduan karakter yang sesuai.

Namun, keputusan membawa Timnas basket ke Filipina juga membawa konsekuensi logis. Kekuatan Timnas bisa jadi akan diintip Filipina yang selama ini selalu menjadi jawara di SEA Games.

BACA JUGA: Pembalap Senior Pimpin Timnas

Meski begitu, Tjetjep mengaku tak khawatir. Sebab, kemampuan pemain Filipina memang jauh di atas Indonesia. Filipina bukanlah lawan yang sepadan bagi Indonesia. Sebab, Filipina sudah menempati posisi keempat di Asia.

“Kami harus mengakui bahwa Filipina memang belum bisa dikalahkan. Namun, kami berharap tahun ini bisa mengalahkan mereka,” tegas mantan pelatih Dell Aspac Jakarta tersebut. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bernabeu Menunggu Heynckes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler