Timnas Basket Putra Tampil Lebih Muda

Senin, 18 Maret 2013 – 09:36 WIB
SOLO - Komposisi timnas basket putra proyeksi SEA Games 2013 terlihat lebih fresh. Itu terjadi setelah PP Perbasi memasukkan pemain di bawah 30 tahun ke dalam roster. Dari 16 pemain yang dipanggil, hanya point guard Pelita Jaya Energi MP Kelly Purwanto yang paling tua. Saat ini Kelly sudah berusia 30 tahun.

Beberapa nama bahkan baru sekali ini dipanggil menghuni Timnas. Di antaranya ialah Respati Ragil Pamungkas, Galank Gunawan, Prastawa, Tony Agus, Ferdinan Damanik maupun Adhi Pratama. Praktis, hanya ada sedikit nama berpengalaman yang menghuni Timnas. Di antaranya ialah Xaverius Prawiro maupun Ronaldo Sitepu.

Keputusan tersebut diambil sesuai dengan janji PP Perbasi yang hendak melakukan regenerasi. Sejak awal, mereka memang menginginkan adanya penyegaran di tubuh Timnas. Maklum, selama ini, Timnas memang diisi pemain-pemain yang sudah termasuk tua. Sebut saja Mario Wuysang, Andy Poedjakseuma, Faisal Julius Achmad maupun Rony Gunawan.

Meski begitu, penunjukkan pemain tetap tak bisa menyembunyikan kontroversi. Sebab, beberapa nama yang moncer di Speedy NBL Indonesia musim ini ternyata tak mendapatkan panggilan dari Timnas. Sebut saja shooter andal Stadium Jakarta Merio Ferdiansyah maupun center PJ Ponsianus Nyoman Indrawan.

Para pemain tersebut bakal dilatih oleh Tjetjep Firmansyah yang saat ini menduduki posisi general manager Dell Aspac Jakarta. Tjetjep akan dibantu dua asisten, yakni Octaviarro Tamtalahitu dan Ricky Gunawan. Sementara, kursi manajer akan dipegang Irawan “Kimhong” Haryono. (jos/mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengprov PSSI Sumut Siap Dilebur

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler