Timnas Indonesia Tampil Cemerlang, Myanmar Dibantai 4-1

Jumat, 26 November 2021 – 01:20 WIB
Para pemain timnas Indonesia merayakan sebuah gol dalam sebuah laga. Foto: (PSSI)

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil memenangi laga uji coba kontra Myanmar dengan skor 4-1 di Emirhan Sport Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11) malam.

Kemenangan besar ini menunjukkan perkembangan yang apik dari Skuad Garuda saat menghadapi tim selevel Asia Tenggara. Biasanya, skor yang tercipta tipis bahkan pernah kalah dari Myanmar, tetapi kali ini margin gol lumayan besar.

BACA JUGA: Amad Kejar Polantas Pakai Pedang Lantaran Tak Terima Anaknya Ditilang, Videonya Viral

Shin Tae Yong sejak menit awal meminta pemain-pemainnya menerapkan pressing ketat, memberika  tekanan jauh di depan daerah pertahanan lawan. 

Pressure itu rupanya efektif bagi Skuad Garuda, karena lawan beberapa kali melakukan kesalahan passing yang bisa diintersep. 

BACA JUGA: Aldo Tewas Dibantai di Dekat Pos Lantas, Mengerikan

Indonesia kemudian membangun serangan dari sisi kanan via Ezra Walian. Pemain naturalisasi itu kemudian memberikan umpan crossing yang mampu dimaksimalkan oleh Ricky Kambuaya pada menit ke-5. 

Keunggulan 1-0 Indonesia tersebut membuat Myanmar mencoba bangkit. Mereka berusaha keluar dari tekanan yang diberikan pemain Indonesia. 

BACA JUGA: Laga Dihentikan pada Menit ke-48, Timnas Indonesia U-18 Bantai Alanyaspor 4-0

Kondisi itu menjadikan Myanmar menguasai serangan. Namun, bukan gol yang didapatkan Myanmar, gawang mereka malah kebobolan setelah serangan balik Indonesia via Alfeandra Dewangga sukses dimaksimalkan Irfan Jaya menjadi gol pada menit ke-12.

Indonesia yang unggul 2-0 makin nyaman mengontrol permainan. Mereka mampu menjaga tempo dan membuat Myanmar yang mengajak bermain cepat tertahan alur mainnya.

Saat sedang asyik terjadi jual beli serangan, wasit meniup peluit untuk menunda permainan. Pasalnya, lampu stadion terlihat menyala sebagian saja, sehingga butuh waktu untuk memaksimalkan pencahayaan.

Setelah tiga menit, lampu terang maksimal dan pertandingan pun dilanjutkan lagi. Kedigdayaan Indonesia begitu terlihat, saat laga lanjut karena serangan dan penguasaan bola, ada di tangan Skuad Merah Putih.

Memasuki menit ke-34, sebuah aksi dari Ricky yang memberikan umpan apik kepada Witan Sulaeman, berhasil dituntaskan. Sepakan Witan yang membuat bola deras mengalir, menjebol gawang Myanmar. Skor 3-0. Kedudukan itu bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Indonesia kembali tampil menyerang dan membuat Myanmar kelimpungan. Hasilnya, satu gol tercipta dari titik putih via Ezra Walian pada menit ke-55.

Penalti didapatkan Indonesia setelah pemain Myanmar melakukan handball di dalam kotak penalti. Ezra yang menjadi penyebab pemain lawan melakukan handball, mengambil sendiri penalti itu dan menuntaskannya.

Myanmar yang sudah tertinggal jauh tak mau menyerah, mereka terus menyerang untuk memperkecil jarak skor. Upaya mereka membuahkan hasil saat Hlaing Bo mencetak gol menit ke-74. 

BACA JUGA: Mantan Kapolsek Kutalimbaru Dimutasi, Anak Buahnya Dipecat, Kasusnya Sangat Berat

Itu menjadi gol terakhir di laga ini dan Indonesia memastikan kemenangan 4-1 atas Myanmar. (dkk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Budi
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler