Timnas Indonesia vs Vietnam, Persahabatan dan Reunian

Minggu, 09 Oktober 2016 – 08:33 WIB
Evan Dimas. Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com - BUKAN sekadar laga persahabatan. Pertemuan Timnas Indonesia dan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, sore nanti, juga merupakan sebuah reuni bagi sejumlah pemain antarkedua negara yang tampil di Piala AFF U-19, 2013 lalu. 

Maklum, masing-masing pelatih kedua negara memiliki filosofi yang sama, memberikan kepercayaan kepada para eks Timnas U-19 itu.

BACA JUGA: Alfred Riedl Keluhkan Masalah Ini

Ya, di skuad Garuda – julukan Timnas Indonesia – ada empat pemain yang berhasil membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 lalu. 

Mereka adalah, Evan Dimas, Hansamu Yama, I Putu Gede dan Yanto Basna. 

BACA JUGA: Inilah Perkiraan Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam

Sejatinya, juga ada Ichsan Kurniawan. Namun, pemain Sriwajaya FC itu tercoret lantaran cedera lutut kiri. 

Sementara, saat datang ke Indonesia, pelatih Vietnam Nguyen Huu Thang hanya membawa dua dari total lima pemain Eks U-19 yang mereka miliki. 

BACA JUGA: Dapat Durian Runtuh, Jogja Belum Berani Aktif

Masing-masing adalah, Nguyen Van Toan (gelandang serang) dan Vu Van Thanh (bek). 

Sementara tiga pemain lain dengan terpaksa tidak masuk dalam rombongan lantaran tidak mendapat izin dari klub mereka. 

Masing-masing adalah Luong Xuan Truong (Incheon United) di kompetisi Korea. Serta, Nguyen Tuan Anh (Yokohama FC) dan Nguyen Chong Puong (Mitto Hollyhock) di kompetisi Jepang. 

“Sebenarnya saya penasaran dengan permainan Nguyen Chong Puong. Sayang, dia tidak ada dalam rombongan,” kata Evan Dimas, mantan bintang Timnas U-19. 

“Dulu waktu bermain di Sidoarjo, dia memang adalah salah satu bintang Vietnam. Tapi, dua pemain yang lain masih saya kenal. Tadi sudah saling menyapa,” ujar Evan setelagh melakukan coba lapangan sore kemarin. 

Sebagai catatan, pada Piala AFF U-19 di Sidoarjo 2013 lalu, Indonesia dan Vietnam sama-sama keluar sebagai finalis. 

Ketika itu, sang juara harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim sama-sama bermain kuat tanpa gol di waktu normal. 

Evan Dimas dan kawan-kawan akhirnya bisa menang dengan skor tipis 7-6. 

Sementara itu, Nguyen Huu Thang mengatakan, mereka memang sejak awal sudah bertekad untuk memberikan banyak kesempatan untuk pemain muda mengambil bagian dalam tim nasional yang akan tampil di Piala AFF 2016 tersebut. 

“Karena meski masih muda, perkembangan sepak bola mereka juga sangat pesat,” ungkapnya saat jumpa pers di Jogja, siang kemarin. (ben/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabar Baik Datang dari Sriwijaya FC


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler