Timnas Seleksi Pemain di Daerah

Minggu, 25 Maret 2012 – 08:12 WIB

JAKARTA - Timnas proyeksi SEA Games segera memulai rangkaian persiapan pembentukan tim. Mereka akan melakukan beberapa kali uji coba melawan tim Indonesia Premier League (IPL) sekaligus sebagai ajang untuk seleksi pemain.

Penanggung jawab timnas PSSI, Bernhard Limbong menjelaskan bahwa pihaknya sengaja melakukan pertandingan melawan klub di daerah untuk mengambil dua manfaat. Pertama, untuk bisa mengasah kemampuan pemain yang diproyeksikan untuk bermain di timnas U-23, kedua bisa memantau pemain klub yang berpotensi untuk ditarik ke Timnas.

Terdekat, timnas akan mencoba kekuatan tim Persijap Jepara pada 29 Maret mendatang, di Stadion Bumi Kartini, Jepara. Dalam laga uji coba itu, timnas dipastikan akan diperkuat pemain-pemain U-23 yang sebelumnya telah tergabung di timnas. 

"Ini pertandingan ekshibisi, tapi fungsinya juga sebagai bagian dari pra-seleksi. Jika memang ada yang bagus, nanti bisa dipanggil untuk mengikuti seleksi," tuturnya saat dihubungi Jawa Pos, kemarin (24/3).

Karena itu, pemain yang nanti dibawa saat menghadapi Persijap bukan lagi tim yang dibawa ke Palangakraya, dimana timnas terdiri dari pemain U-17, U-21, U-23, dan senior. "Yang berangkat murni pemain U-23, ada juga beberapa pemain yang akan dibawa seleksi," terang Jenderal bintang satu tersebut.

Limbong menjelaskan, bahwa program uji coba timnas ke daerah ini sudah dibahas dalam kongres tahunan PSSI di Palangkaraya 18 Maret lalu. Rencananya, setelah Jepara, kota yang akan dikunjungi selanjutnya adalah Bantul. Namun, dia belum bisa memastikan jadwal dan tim yang dihadapi. "Selanjutnya akan dibicarakan lagi. Rencananya nanti akan ada kota lainnya setelah Persijap ini," paparnya.

Saat disinggung tentang kekhawatiran kualitas para penggawa timnas yang hanya akan dipilih dari tim IPL, Limbong langsung merespon. Dia menjelaskan jika saat ini masih berusaha agar bisa menyertakan pemain Indonesia Super League (ISL) mengikuti seleksi.

Alasannya, kongres tahunan PSSI telah mengakui ISL dengan persyaratan yang diberikan. Sehingga, selagi proses untuk merangkul klub ISL berjalan, dia ingin pemain juga bisa ikut seleksi agar pembentukan kerangka tim tidak terlalu terhambat seandainya damai terwujud.

"Pokoknya, sebelum Mei, kerangka timnas sudah terbentuk. Harapannya tim ini yang terbaik, bisa ambil dari IPL dan ISL juga," ucapnya.

Sebelumnya, koordniator timnas PSSI Bob Hippy  telah memastikan bahwa program pemusatan latihan (TC) jangka Panjang Timnas akan dipaparkan 10 April mendatang. Rencananya, timnas akan menjalani rangkaian TC sampai SEA Games Myanmar 2013 mendatang.

Program itu dibuat sebagai salah satu langkah konkrit PSSI agar timnas bisa meraih target juara di SEA Games Myanmar. "Kalau dipersiapkan lebih panjang, kami optimis tim akan matang. Ini demi memenuhi target yang dicanangkan," tandas mantan pemain Nasional tersebut. (aam/ko)
BACA ARTIKEL LAINNYA... City, Nyaris Tumbang Ditangan Stoke


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler