Timnas Susun Banyak Uji Coba

Korut dan Tiongkok Dibidik

Senin, 04 Juni 2012 – 08:27 WIB

JAKARTA- PSSI terus berusaha membentuk kerangka tim untuk terjun di Piala AFF 2012 November mendatang. Serangkaian uji coba melawan beberapa negara sedang disusun oleh manajemen tim yang diarsiteki oleh Nil Maizar tersebut.

Ketua umum PSSI Djohar Arifin menejelaskan bahwa pihaknya sampai saat ini sudah mendapatkan tawaran uji coba dari negara lain. Namun, tawaran tersebut masih dijadwalkan dengan matang seiring dengan adanya beberapa agenda olahraga di dalam negeri.

"Filipina sudah, selanjutnya sedang menyusun jadwal dengan Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Timor Leste," katanya saat ditemui, kemarin (3/6).

Mengenai sistem pertandingannya, lanjut Djohar, PSSI juga sedang memformat agar bisa dimaksimalkan untuk jam terbang pemain. Yakni, dengan menggelar uji coba tak hanya sekali, melainkan dua kali setiap melawan satu negara. "Kami minta sistem home and away setiap uji coba. Kami harapkan bisa sebelum puasa," ujar lelaki bergelar profesor tersebut.

Uji coba yang cukup banyak ini menurut Djohar sangat penting untuk meningkatkan kualitas permainan timnas. Dia menilai, pemain-pemain ini yang nantinya akan menjadi kerangka tim di piala AFF perlu mengetahui permainan calon lawan yang akan dihadapi.

"Kami ingin prestasi yang tinggi di Piala AFF nanti. Karena itu perlu persiapan yang lebih panjang, melakukan banyak uji coba. Ini positif untuk tim," terangnya.

Selain tim asal Asia Tenggara, PSSI juga sedang mengusahakan lawan yang lebih kuat. Sejauh ini, PSSI sudah mengajukan undangan kepada negara kuat di Asia dan beberapa negara di Afrika. Tujuannya, untuk mengisi FIFA match day  yang dijadwalkan pada 15 Agustus mendatang.

Beberapa negara Asia yang telah diundang maupun mengajukan undangan kepada PSSI  diantaranya adalah Korea Utara, Tiongkok, Pakistan, dan Papua New Guinea. Sedangkan, dua negara Afrika yang juga berminat untuk melakukan uji coba dengan Indonesia adalah Aljazair dan Kamerun.

"Banyak tawaran dan target kami untuk uji coba. Kami akan terima, yang penting sebelum AFF," tandas Djohar.

Sementara itu, untuk Sekjen PSSI Tri Goestoro menegaskan bahwa sampai saat ini provinsi Riau masih menjadi opsi utama venue kualifikasi Piala Asia U-22. Dia menegaskan bahwa dua stadion yang ada di provinsi yang akan menggelar PON 2012 tersebut sedang finshing.

"Kami yakin bisa selesai dan siap pada awal Juli nanti. Pelaksanannya juga sudah fix dimundurkan awal Juli," tutur lelaki berkumis tersebut. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tomas Brolin Anak Emas Swedia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler