Timnas Tak Punya Dana

Belum Ada SK Manajer Timnas

Rabu, 26 Desember 2012 – 05:36 WIB
Pemain Timnas, Irfan Bachdim. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos
JAKARTA - Teka-teki siapa Manajer Timnas PSSI untuk Pra Piala Asia 2015 masih belum diumumkan oleh Komite Timnas PSSI. Sampai saat ini, PSSI masih menimbang beberapa nama dari kalangan pengusaha dan politisi.

Executive Committee  (Exco) PSSI Sihar Sitorus menjelaskan bahwa sejauh ini ada beberapa nama yang dicalonkan. Namun, pihaknya belum memutuskan karena tak ingin penunjukan manajer terburu-buru sehingga tak sesuai kebutuhan Timnas.

"Bisa juga Edhie Baskoro Yudhoyono, bisa juga pak Dahlan Iskan, atau juga nama yang lain, banyak pilihan," saat dihubungi oleh Jawa Pos, kemarin (25/12).

Saat disinggung mengenai munculnya nama Mesak Manibor, Asisten Manajer Timnas Piala AFF, yang disebut sudah pasti menjadi Manajer, Sihar membantah. Menurut dia, keputusan dan Surat Keputusan (SK) penunjukan manajer baru diumumkan pada 27 Desember nanti.

"Sebelum SK dari Exco PSSI turun, belum ada manajer untuk Timnas. Semua kemungkinan masih bisa berubah," ujar dia.

Lelaki yang juga anggota Komite Adhoc Timnas itu menyebut bahwa kriteria manajer Timnas yang dipersiapkannya adalah yang siap berkorban untuk Timnas. Selain itu, juga memiliki kemauan besar untuk membangun Timnas tanpa pamrih.

Sihar juga masih memikirkan cara untuk mendapatkan anggaran bagi Timnas. Dia menyebutkan bahwa saat ini belum ada anggaran untuk TC Timnas. Dia bahkan berencana untuk menggalang dana dari para pengusaha.

Terkait anggaran dari pemerintah Rp 800 juta yang menjadi jatah PSSI di Piala AFF 2012 lalu, Sihar menyebut sampai sekarang belum sampai ke tangannya. Jika memang ada, pihaknya bisa sedikit tenang karena ada kepastian anggaran dari Rp 2,6- 3 miliar yang dibutuhkan.

"Kami akan usahakan. Dari sponsor dan dari pengusaha yang mau membantu. Tapi kalau memang dana Rp 800 juta itu ada, ya bagus," tuturnya.

Di sisi lain, spekulasi terkait kota yang akan menjadi tempat pemusatan latihan (TC) Timnas kembali mengemuka. Selain Jakarta dan Medan,  Ternate juga disebut sebagai Kota pilihan TC.

Sekjen PSSI Halim Mahfudz menegaskan bahwa kabar munculnya nama Ternate tidak benar. Sebab, dalam rapat terakhir, lelaki yang juga anggota Komite Adhoc Timnas tersebut hanya tahu Jakarta dan Medan sebagai pilihan kota TC.

"Kemungkinan di Jakarta. Karena semua mudah dan fasilitas sudah tersedia. Saya belum bisa pastikan, tunggu rapat terakhir Exco nanti," tegasnya. (aam/ko)
BACA ARTIKEL LAINNYA... KPSI Lepas Pemain ke Timnas Jika Ditangani KONI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler