Timwas Bencana DPR RI Kunjungi Sukabumi, Dukung Keinginan Warga Direlokasi

Jumat, 19 Februari 2021 – 16:28 WIB
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI memimpin kunjungan Tim Pengawas (Timwas) Pelaksana Penanganan Bencana DPR RI ke lokasi bencana alam pergerakan tanah di Kampung Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (19/2). Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, SUKABUMI - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memimpin kunjungan Tim Pengawas (Timwas) Pelaksana Penanganan Bencana DPR RI ke lokasi bencana alam pergerakan tanah di Kampung Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (19/2).

Gus AMI, panggilan akrab Muhaimin, mendukung keinginan warga terdampak direlokasi karena dampak bencana itu sangat menghawatirkan keselamatan masyarakat setempat.

BACA JUGA: Pergerakan Tanah Terjang 2 Desa di Sukabumi, Rumah Warga Rusak, Jalan Amblas

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bencana pergerakan tanah ini berdampak kepada 129 rumah dan ratusan jiwa.

“Kementerian PUPR saya minta untuk segera menangani, serta semua pihak yang terkait dengan legalitas,” ungkap Gus AMI.

BACA JUGA: Angka Kemiskinan Bertambah, Gus AMI Sebut Persoalan Ekonomi Jadi PR Serius

Gus AMI juga mendukung aspirasi masyarakat yang ingin mendapatkan ganti sebidang tanah sebanding dengan luas tanah yang mereka miliki di Sukabumi.

Warga sebelumnya berkeinginan mendapatkan relokasi tanah atau lahan 1 banding 1 dari pemerintah.

BACA JUGA: Puluhan Warga Pontianak Alami Scabies, Ini Cara Mencegah dan Mengobatinya

Kendati demikian, keinginan tersebut memerlukan kajian mendalam dari pihak-pihak terkait.

“Warga ingin relokasi 1 banding 1, saya kira bisa, tanah PTP saya kira bisa. Memang itu kan penyesuaian dengan keadaan, (tetapi) seharusnya bisa diusahakan semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Mengingat pandemi hingga kini belum berakhir, Gus AMI berpesan warga agar tetap menjaga kesehatan di tengah rundungan bencana yang menimpa mereka.

“Kepada seluruh masyarakat tetap jaga kesehatan, bahagia supaya tidak banyak penyakit, sabar dan gotong royong harus terjaga, terutama protokol kesehatan harus terus terjaga,” pesan Gus AMI.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat terdampak bencana pergerakan tanah di Kecamatan Nyalindung dan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, direlokasi.

Pasalnya, potensi pergerakan tanah di dua daerah itu dalam kategori menengah sampai tinggi. (*/jpnn)

 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler