Tina Toon Berbagi Tips Agar Perempuan Percaya Diri

Rabu, 21 April 2021 – 20:08 WIB
Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Tina Toon dalam Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini" yang diselenggarakan DPP PDIP, Rabu (21/4). Fathan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Agustina Hermanto menilai bahwa masalah utama perempuan adalah rasa percaya yang rendah.

Perempuan yang akrab disapa Tina Toon itu engakui walah sudah berkarier di dunia hiburan sejak kecil, dirinya tak lepas dari rasa tidak percaya diri.

BACA JUGA: Cerita Tina Toon yang Positif Covid-19 Hanya 2 Hari

"Kiat dari saya, intinya sebagai perempuan harus semangat," kata Tina Toon dalam Talk Show memperingati Hari Kartini dengan tema: "Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini" yang diselenggarakan DPP PDIP, Rabu (21/4).

Tina menceritakan pengalaman dirinya ketika menjadi caleg PDIP di pemilu lalu. Saat itu, dirinya merasa sangat tak percaya diri.

BACA JUGA: Peringati Hari Kartini, Komika Kiky Minta Perempuan Jangan Takut Bermimpi

Dia merasa bahwa kompetitornya sangat berat. Pada titik itulah dia menyadari kondisi dirinya lalu mengevaluasinya agar meningkatkan kepercayaan diri.

"Akhirnya, namanya perempuan, kami kalau di-cletik, ya, makin ngegas. Powernya luar biasa kalau lagi semangat-semangatnya. Tak ada yang ngalahin," kata Tina.

BACA JUGA: Paman Ungkap Masalah Rumah Tangga Nathalie Holscher dan Sule, Ternyata....

Sebagai perempuan, Tina juga menyadari kekuatan besar perempuan yang bisa melaksanakan semua kerja di waktu yang sama.

Perempuan melahirkan, mengurus anak, sambil bekerja. Dari situ, dia mengetahui perempuan bukanlah sosok lemah.

"Jangan menganggap bahwa perempuan itu lemah. Mau usaha, mengeluh, aduh, tak punya modal, koneksi dan lain-lain. Kalau mau usaha, ayo, mulai saja dulu," kata Tina.

Anggota DPR RI Selly Gantina mengatakan ingin perempuan Indonesia bisa bergerak demi mendorong kebangkitan Indonesia di masa pandemi Covid-19, khususnya di sektor UMKM.

Satu hal yang menjadi dorongan PDIP adalah digitalisasi UMKM. Perempuan Indonesia bisa terlibat di dalamnya. Digitalisasi ini memungkinkan perempuan Indonesia bisa berperan dengan modal yang tak perlu besar.

Data menunjukkan, ekonomi digital diprediksi memberi kontribusi bagi PDB hingga 10 persen. Artinya peluang dan potensinya sangat besar.

"Transformasi digital yang diusung Pemerintahan Pak Jokowi akan membuat ekonomi negara kita tangguh. Pada titik inilah peran perempuan Indonesia akan sangat menentukan," kata Selly.

Selly mengaku sedang berusaha mendorong agar berbagai kementerian berkoordinasi menguatkan fokus pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi.

Untuk tahap awal, DPP PDIP akan mendorong agar pengurus cabang tingkat kabupaten atau kota juga terlibat memfasilitasi pengembangan UMKM di daerah. Tentu khususnya yang melibatkan perempuan.

"Para pengurus partai hingga tingkat ranting harus turun aktif mencari serta mendorong pengembangannya, memfasilitasinya bekerja sama dengan jajaran pemerintahan yang ada. Ini riil bisa kami lakukan di masa pandemi ini," tegas Selly. (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler