Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir, Pemkab Tangerang Bangun Kawasan Akuakultur

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 21:59 WIB
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meresmikan Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk. Foto Humas Pemkab Tangerang

jpnn.com, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya menaikkan taraf hidup masyarakat pesisir. Salah satunya melalui pengembangan kawasan, bantuan pembibitan dan juga konservasi mangrove. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan kawasan mangrove ini bila dikembangkan secara serius akan menjadi ekowisata yang membantu perekonomian masyarakat di sekitarnya. Bukan saja untuk penataan kawasan permukiman yang dibangun dengan sanitasinya, tetapi juga perekonomian masyarakat termasuk konservasi lingkungan.

BACA JUGA: Pemkab Tangerang Optimistis 2,5 Juta Warga Sudah Divaksin hingga Akhir 2021

"Program unggulan tersebut dikemas dalam gerakan membangun masyarakat pantai (Gerbang Mapan)," kata Bupati Zaki Iskandar dalam siaran persnya, Sabtu (16/10).

Program itu termasuk juga bantuan penyemaian, pembibitan dan budi daya dari magrove-magrove yang ada, begitu juga dengan tambak ikan dan udang. Nantinya mereka bisa menjadi seperti kawasan Aquaculture atau Akuakultur.

BACA JUGA: 12 Perusahaan Raih Penghargaan dari Pemkab Tangerang

Dia melanjutkan tahun depan akan ada pembangunan pusat-pusat perekonomian selain kawasan perumahan dan pemukiman. Yakni pembangunan pasar ikan, tempat kuliner dan koperasi yang sudah berjalan akan dikembangkan.

"Mudah-mudahan ini menjadi percontohan dari program Gerbang Mapan yang seutuhnya," ucapnya.

BACA JUGA: TNI AL Sasar Nelayan dan Masyarakat Pesisir di Kota Lhokseumawe

Di Gerbang Mapan Aquaculture Ketapang Mauk, terangnya masyarakatnya lebih diberdayakan. Selain itu dibangun rumah layak huni bagi nelayan dan warga sekitar. Juga kawasan konservasi hutan mangrove, kawasan pembibitan dan budi daya udang vaname maupun ikan, kawasan wisata. 

"Jadi, masyarakat bisa memanfaatkan banyak dari pembangunan di Ketapang ini," kata Zaki.

Soma Atmadja, ketua pelaksana HUT ke-389 Kabupaten Tangerang mengungkapkan Gerbang Mapan Menuju Pesisir Sejahtera merupakan momentum kebangkitan upaya pemulihan ekomoni masyarakat pesisir

Dia berharap melalui program ini masyarakat pantai dan pesisir ekonominya meningkat serta lebih sejahtera.

Zaki menjelaskan selain pembangunan sarana dan prasana infrakstuktur di antaranya saluran air, jalan, sarana air bersih, pengembangan jaringan air minum, WC standar, bedah rumah dan pembangunan unit rumah baru wilayah. Juga pendirian Koperasi Ketapang Sejahtera, juga bantuan sarana prasana pengolahan dan perikanan.(esy/jpnn)


Redaktur : Friederich
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler