Tingkatkan Keterampilan dan Daya Saing Tukang Bangunan, Sika Indonesia Gelar Tiler Competition

Minggu, 12 November 2023 – 21:00 WIB
General Manager Sika Indonesia Eddy Sutanto. Foto: dokumentasi SIka Indonesia

jpnn.com - Sektor konstruksi berada di urutan kelima dalam yang berkontribusi untuk perekonomian Indonesia.

Hal itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 yang dilihat pada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, yakni sebesar 9,88 persen pada triwulan I tahun tersebut.

BACA JUGA: SIG Bantu Upgrade Keterampilan Tukang Bangunan Agar Jadi Ahli Konstruksi

Faktor pendukung dalam produktivitas sektor konstruksi salah satunya adalah peran tukang bangunan yang sering dianggap sebelah mata bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya banyak memberikan pengaruh dalam kehidupan.

Sejatinya, tukang bangunan merupakan sosok pahlawan pembangunan yang memiliki peran yang sangat strategis karena berada di garis depan dalam mewujudkan fondasi maupun konstruksi bangunan yang kokoh.

BACA JUGA: Pidato Lengkap Megawati, Bicara Rekayasa Hukum hingga Penculikan Aktivis 

Dalam perayaan Hari Pahlawan, Sika Indonesia, perusahaan asal Swiss yang bergerak di bidang bahan kimia untuk konstruksi dan industri, memanfaatkan momen itu dengan menyelenggarakan Tiler Competition.

Program kompetisi yang diinisiasi oleh Sika untuk meningkatkan keterampilan para tukang bangunan dalam pemasangan keramik.

BACA JUGA: Hasto Ungkap Pertemuan Megawati - Jokowi di Istana, Keluarnya Happy Semua, Klir!

Kegiatan itu merupakan wujud nyata dari upaya Sika dalam meningkatkan keterampilan dan kualitas para tukang bangunan di Indonesia.

“Di momen perayaan Hari Pahlawan, kami ingin mengapresiasi para tukang bangunan yang kita kenal sebagai pahlawan pembangunan, karena memiliki peran sentral dalam membangun fondasi serta memelihara infrastruktur yang memadai untuk masyarakat,” ucap General Manager Sika Indonesia Eddy Sutanto dalam keterangannya, Minggu (12/11).

Melalui kompetisi ini, Eddy berharap dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dengan komunitas tukang bangunan, sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk dapat bersaing memperlihatkan keahliannya.

Sika sebagai perusahaan global dan lokal (Glo-cal) meyakini bahwa selain menghasilkan produk-produk yang berkualitas, penting juga meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para tukang bangunan di Indonesia.

Hal itu sejalan dengan kampanye Sika “Beyond the Expected” yang berkomitmen untuk menciptakan dampak positif jangka panjang dalam industri konstruksi.

Channel Distribution Manager Sika Indonesia Basuki Setiawan menjelaskan bahwa melalui program Tiler Competition, Sika berkomitmen untuk mendukung para tukang bangunan agar dapat bersaing dan memiliki rasa percaya diri untuk menunjukkan kemampuannya.

"Program itu bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan wadah bagi para tukang bangunan untuk meningkatkan keterampilan dan meraih pencapaian yang luar biasa,” kata dia.

Nantinya juara pertama dari kompetisi itu akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di tingkat internasional yang akan diselenggarakan di China, mereka akan bertemu dan berkompetisi dengan tukang bangunan dari berbagai negara seperti Vietnam, India, Amerika, Brazil, serta beberapa negara lainnya.

Berikut para pemenang Sika Tiller Competition :

Juara 1

Hadiah Rp 6.000.000 dan ikut kompetisi Tile International di China

Berry Nuralam

Sukardi

Juara 2

Hadiah Rp 4.500.000

Wahyudi

Saepul Hidayat

Juara 3

Hadiah Rp 2.250.000

Gunadi Sumidi

Tarwin. (mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler