Tingkatkan Pelayanan Digital, BSI Lakukan Berbagai Terobosan

Selasa, 22 November 2022 – 03:36 WIB
Bank Syariah Indonesia (BSI) ilustrasi. Foto dok BSI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia, Tbk melakukan berbagai terobosan dengan meningkatkan pelayanan digital mereka.

Saat ini, BSI memiliki BSI Mobile sebagai bagian dari Digitalisasi Ekosistem Islam.

BACA JUGA: Dukung Pengembangan Pariwisata Banyuwangi, BSI Jadi Tuan Rumah IFRC ke-19

Komisaris Bank Syariah Indonesia, Arief Rosyid Hasan menjelaskan per-Juni 2022, pengguna BSI mobile mencapai 4,07 juta, naik sebesar 81 % secara yoy.

"Jumlah pengguna yang meningkat dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat khususnya pemuda yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM ataupun internet," ujar Arief.

BACA JUGA: Program-program Jokowi Terkait UMKM Berhasil Menyasar Para Pelaku Usaha Kecil

Saat ini, profil nasabah BSI telah menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan ialah sebesar 97 persen.

"Transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117, 72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan feebased income sebesar Rp 119 miliar," jelasnya.

BACA JUGA: Lupa Pernah Beli Ethereum 8 Tahun Lalu, William Sutanto Kini Kantongi Rp 9,8 Miliar  

Selain itu, demi menjangkau lebih banyak milenial, BSI juga berfokus mengembangkan produk Ziswaf BSI Mobile.

Pengaturan khusus Ziswaf secara online khususnya zakat, infak, dan sedekah menjadikan mereka sebagai target utama.

"Hal ini disadari bahwa, para pemuda telah memiliki penghasilan tetap yang berpeluang membantu masyarakat yang membutuhkan. Maka, BSI mengambil peran sebagai penghubung dalam memudahkan penyaluran dana secara aman. Dengan kata lain, kita telah turut dalam mengamalkan dan mendukung kemajuan ekosistem Islam," terang Arief.

Dalam perkembangan penerimaan Ziswaf terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 30 September 2022, BSI Mobile mengumpullkan lebih dari Rp 100 miliar dana Ziswaf dengan angka transaksi lebih dari 7 juta. 

Dengan adanya platform rekening perbankan syariah, selain memudahkan juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah, terutama stigma bahwa bank syariah hanya berorientasi pada komersial.

Namun, dengan adanya Ziswaf ini semakin menunjukkan urusan perbankan syariah sangat berperan dan berkontribusi penting dalam urusan sosial.

Selain potensi Ziswaf yang sudah berjalan optimal tersebut, BSI saat ini telah bekerja sama dengan 63 ribu lebih masjid di Indonesia dengan dana murah mencapai Rp 1,8 triliun, juga dengan pesantren yang hampir mencapai 10 ribu dengan dana murah akan mencapai Rp 1 triliun.

"Berbagai ikhtiar ini tentu akan semakin besar dampaknya terhadap umat dan bangsa, jika disertai kepercayaan dan dukungan yang tidak putus oleh para pemangku kepentingan utamanya masyarakat Indonesia. Dengan seperti itu, Indonesia maju akan bisa menjadi kenyataan dan segera kita nikmati manfaatnya," kata Arief.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler