Tingkatkan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit, Kementan Melakukan Penguatan Sarpras

Sabtu, 02 Desember 2023 – 12:10 WIB
Rapat Koordinasi Penguatan dan Percepatan Kegiatan Pelaksanaan Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit, Jumat (1/12). Foto: Romaida/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pertanian terus memperkuat dan mempercepat Program Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit dalam rangka meningkatkan produktivitas melalui penyaluran bantuan alat pasca anen, unit pengolahan hasil, pembuatan atau peningkatan jalan kebun dan tata kelola air, ekstensifikasi, intensifikasi, alat transportasi, mesin pertanian, infrastruktur pasar, dan sertifikasi ISPO.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam arahannya mengingatkan seluruh jajaran untuk memperkuat perkelapasawitan Indonesia.

BACA JUGA: Jalan Sehat, Menteri Amran Ingatkan ASN Kementan Berolahraga untuk Percepat Tanam dan Produksi

Menurut Mentan Amran, saat ini sektor pertanian masih menjadi andalan perekonomian nasional. 

Secara umum, lanjut dia, perekonomian nasional masih menunjukkan ketahanan dengan ditopang peningkatan permintaan domestik.

BACA JUGA: Polri Garap Mantan Pimpinan KPK Hingga Pegawai Kementan di Kasus Firli Bahuri

"Kemudian, investasi yang terjaga, inflasi yang terus menurun, serta berlanjutnya kinerja positif ekspor kita," kata Amran beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah juga sejalan dengan Mentan Amran.

BACA JUGA: Bertemu FAO, Mentan Amran Berkomitmen Perkuat Pangan Nasional & Regional

Dia mengatakan bahwa perkebunan kelapa sawit, terutama sawit rakyat, perlu mendapatkan perhatian banyak pihak.

Dia mengajak semua pihak terlibat dalam program sarpras kelapa sawit, guna mewujudkan komitmen bersama meningkatkan produksi dan produktivitas.

Menurut Andi, komitmen dalam program ini dapat meningkatkan kesejahteraan serta tata kelola perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan.

"Ini juga untuk menjaring masukan dalam merumuskan komitmen para pihak dalam rangka akselerasi pencapaian sarpras ini," kata Nur.

Kementan menggelar Rapat Koordinasi Penguatan dan Percepatan Kegiatan Pelaksanaan Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit, Jumat (1/12).

Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma, Ardi Praptono berharap rakor tersebut berguna membangun sinergi antara pemerintah pusat dan pemda serta asosiasi perkebunan, terkait dukungan secara nyata akselerasi pencapaian program sarpras.

Ardi mengatakan program sarpras kelapa sawit ini telah dilaksanakan di 20 provinsi dan 103 kabupaten yang menjadi sentra sawit.

Adapun salah satu upaya percepatannya dimulai saat pertemuan tingkat kepala dinas untuk saling menyinergikan bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Dimulai dari 30 November, dan pada saat ini adalah acara puncak dari upaya percepatan pelaksanaan kegiatan sarpras, 1 Desember ini," tutur Ardi. (mcr31/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler