Tinjau Tambahan Unit ISO Tank Pertamina, Menteri BUMN Meyakinkan Pasokan Oksigen Aman

Minggu, 11 Juli 2021 – 11:23 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) didampingi oleh Direktur Logistik Supply Chain & Infrastruktur Pertamina Mulyono (kedua kiri) menyapa awak mobil tangki saat acara “Bantuan Armada Isotank Untuk Distribusi Oxygen Medis” yang diselenggarakan di Lapangan Nusantara 03, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Sabtu (10/7/2021).

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian BUMN terus mendorong percepatan penanganan Covid-19 dengan menggerakkan perusahaan pelat merah untuk berkontribusi dalam dukung pasokan oksigen bagi pasien terpapar virus Corona.

Untuk meyakinkan pasokan oksigen berjalan lancar, Menteri BUMN Erick Thohir bersama Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza meninjau langsung kedatangan 6 ISO tank di Tanjung Priok pada Sabtu (10/7).

BACA JUGA: Pertamina Tegaskan tidak Ada Penutupan SPBU di Kalbar

Sebelumnya, sebanyak 21 ISO tank juga telah didatangkan dari Morowali Sulawesi Utara pada 5 Juli 2021 lalu.

Menteri Erick mengapresiasi dukungan jajaran BUMN termasuk Pertamina bersama anak perusahaan dalam percepatan penanganan pasokan oksigen.

BACA JUGA: Peristiwa Mengerikan Jumat Malam, Elsa Berteriak Minta Tolong, Jemmy Terkapar Kena Bacokan

Saat ini, katanya, BUMN melakukan tugas-tugas untuk pendukung kementerian lain, seperti kebutuhan oksigen di rumah sakit (RS) yang sangat penting untuk saat ini.

"Kita memang tidak memproduksi oksigen untuk medical, tetapi fasilitas yang kita punya bisa di-switch sebagian untuk medical," ucap Erick Thohir.

BACA JUGA: Asep Mendengar Teriakan Keras, saat Menoleh, FP Sudah Tergeletak, Innalillahi

"Ini yang saya tekankan kepada seluruh direksi BUMN bahwa kita harus menjadi service-oriented bukan birokrasi. Jangan pernah lelah ketika kita harus membantu rakyat. Kita buktikan dengan kekonkretan," lanjut dia.

Sementara itu, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza menyampaikan apresiasi kepada menteri BUMN bersama jajaran perusahaan pelat merah yang telah menyediakan fasilitas armada ISO Tank untuk memastikan ketersediaan oksigen terdistribusi dengan baik.

Melalui penyediaan itu, pemerintah dapat menyampaikan kepada masyarakat agar tidak panik karena ketersediaan oksigen untuk kebutuhan medis mencukupi.

“Apresiasi kami kepada Kementerian dan jajaran BUMN atas dukungannya yang sangat besar. Jangan lelah Pak Erick dan BUMN. Kita sedang berperang dengan musuh yang tidak kelihatan, tetapi mematikan sehingga semua harus waspada,”ucap Faisol.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono menyampaikan bahwa Pertamina senantiasa berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam penangjakartaanan Covid-19, tidak terkecuali pada pemenuhan kebutuhan oksigen medis.

“Dari 27 ISO Tank yang dioperasikan Pertamina saat ini berkapasitas 540 ton oksigen, sehingga menyumbang 60 persen dari kapasitas yang sudah ada,” ungkap Mulyono.

BACA JUGA: Melanggar Aturan PPKM Darurat, Lurah S Dicopot oleh Wali Kota Depok

Dukungan pasokan oksigen untuk percepatan penanganan Covid-19 tersebut merupakan sinergi berbagai pihak, di antaranya Pertamina Grup dalam pengelolaan trucking ISO Tank yang melibatkan Subholding Commercial and trading PT Patra Niaga dan anak usaha SuPeinbholding Gas, PT Gagas.

Semenrara bantuan ISO tank datang dari PT Pertamina Gas (Pertagas), IMIP dan PT AICO. Pasokan oksigen dari beberapa pihak, seperti Samator dan LINDE serta dukungan penuh penerimaan ISO tank dari PT Pelindo II.

Direktur Utama PT Pelindo II Arif Suhartono mengatakan bahwa komitmen perusahaannya dalam bekerja sama dengan BUMN lain sangat mendukung distribusi logistik kesehatan melalui wilayah Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo II.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan PT Pelindo I, III dan IV berkomitmen memastikan distribusi logistik secara optimal di seluruh wilayah Indonesia, khususnya untuk bidang kesehatan dalam penanganan COVID-19," pungkas Arif. (*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler