Tinjau Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan, Pj Gubernur Jateng: Petugas Sudah Siap Melayani Pemudik

Kamis, 04 April 2024 – 18:55 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana bersama forkopimda mengecek Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan, Kota Surakarta, Kamis (4/4). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - SURAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana bersama forkopimda mengecek Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan, Kota Surakarta, Kamis (4/4).

Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan terminal dalam menyambut arus mudik Lebaran 2024 di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Jangan Lupa, Pastikan Listrik di Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Pengecekan diawali dari Terminal Tirtonadi, Kota Surakarta. 

Nana Sudjana di terminal meninjau fasilitas pengecekan kesehatan, cek angkutan atau armada, serta Posko Lebaran Terminal Tirtonadi.

BACA JUGA: Ratusan Warga Ikut Mudik Gratis Dompet Dhuafa, Akhirnya Bisa Lebaran di Kampung

"Sudah cukup bagus, ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat bahwa sopir dan kernet harus melalui tes kesehatan. Tadi saya lihat semua dicek mulai mata, gula darah, dan tekanan darah,” kata Nana didampingi Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. 

Nana mengatakan di Terminal Tirtonadi pengecekan kendaraan juga dilakukan secara berkala. Setiap bus yang masuk terminal langsung dicek untuk memastikan kondisi kendaraan aman selama perjalanan. 

BACA JUGA: ASDP Menerapkan Delaying Sistem Buffer Zone Selama Mudik, Berikut Titik-titiknya

Selama ini di Terminal Tirtonadi ada 40 trayek AKAP yang dilaksanakan oleh sekitar 75 PO. 

Selain itu, juga ada 16 trayek AKDP oleh 25 PO, serta angkutan aglomerasi dalam kota Trans Jateng dan Trans Solo.

"Posko pengamanan dan petugas juga sudah siap. Posko berjalan tanggal 3-18 April. Mereka akan terus melakukan tugas dan memberikan pelayanan kepada para penumpang atau pemudik," katanya.

Sementara itu, untuk volume kendaraan dan penumpang di Terminal Tirtonadi belum ada kenaikan signifikan.

Kondisi per hari ini masih dalam rata-rata volume kendaraan atau armada bus di Tirtonadi, yaitu sekitar 400-500. 

Ketika memasuki arus mudik atau puncak mudik bisa sampai 1000 bus bahkan bisa sampai 1.300 bur per hari. 

"Maka perlu kesiapan dari petugas, dalam hal ini kita di-backup TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan. Jadi, kami yakin untuk Terminal Tirtonadi ini mampu untuk memberikan pelayanan untuk para pemudik," kata Nana.

Hal sama juga terlihat saat pantauan dan mengecek Stasiun Solo Balapan. Dari keseluruhan hasil pantauan, petugas sudah siap menerima dan memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik ke Solo Raya.

Posko pelayanan dan pengamanan mudik Lebaran di Stasiun Solo Balapan baru dimulai 5 April hingga 18 April. 

Sementara, untuk volume penumpang kereta api saat ini masih seperti hari-hari biasa. 

"Sampai 4 April ini, pemudik masih belum kelihatan, masih seperti biasa. Puncaknya akan datang pada tanggal 6, 7, 8 April 2024. Lalu, untuk tiket arus balik sampai tanggal 18 April sudah sold out," katanya.

Sebagai informasi, dalam mudik Lebaran 2024 ini, Pemprov Jateng juga menyelenggarakan program mudik gratis bagi warga asal Jawa Tengah yang bekerja di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Total ada 256 armada bus dan 2 kereta api yang siap mengantar pemudik dari rantau untuk kembali ke kampung halaman.

"Tanggal 6 dan 7 April saya juga akan melepas warga Jateng yang bekerja di Jabodetabek. Tanggal 6 akan lepas mereka dari TMII dan Bandung. Jadi, ada sekitar 256 bus yang akan mengantarkan ke 35 kabupaten/kota di Jateng. Tanggal 7 akan melepas dua rangkaian kereta api, masing-masing delapan gerbong," katanya. (jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler