Tiongkok Blokir Akses ke Gmail

Senin, 29 Desember 2014 – 20:08 WIB
ilustrasi

jpnn.com - PERUSAHAAN analisa Internet Dyn Research melaporkan Tiongkok telah memblokir layanan email populer Gmail dari Google. Laporan Google Transparency Reports juga menunjukkan bahwa trafik pengunjung Gmail hampir mencapai nol. 

Transparency Reports adalah fitur yang disediakan Google untuk menunjukkan informasi akurat secara tepat waktu mengenai produk atau layanannya. "China (Tiongkok) memiliki sejumlah cara untuk memblokir konten. Salah satu cara yang paling kasar adalah dengan memblokir alamat IP, dan ketika Anda melakukannya, Anda memblokir semua konten yang tersedia di IP itu," tutur Wakil Presiden Analisis Data Dyn, Earl Zmijewski

BACA JUGA: Insiden AirAsia, Media Inggris Ajak Hindari Spekulasi

Seperti dilansir Mashable, Senin, (29/12), Zmijewski mengatakan bahwa banyak akses Gmail Tiongkok disalurkan melalui alamat Internet Protocol (IP Address) Hong Kong yang sedang diblokir. Beliau juga mengatakan telah memeriksa enam lokasi yang berbeda, dan menemukan bahwa masing-masing wilayah telah diblokir.

Hubungan Tiongkok dan Google memang tidak baik sejak beberapa peristiwa pemblokiran layanannya. Sebelumnya, negara itu memblokir akses ke semua layanan Google pada bulan Juni, menjelang ulang tahun ke 25 pembantaian Tiananmen Square.

BACA JUGA: Norman Terbakar Bersama 521 Penumpang

Pada tahun 2009 dan 2012, Tiongkok juga memblokir layanan Google. Google secara terbuka mengatakan tidak akan mensensor mesin pencarinya di Tiongkok pada tahun 2010. Langkah yang dilakukan tersebut, memungkinkan Google menarik diri dari Tiongkok. (mg2/jpnn)

BACA JUGA: Warga Palestina Menuntut Penghapusan Blokade

BACA ARTIKEL LAINNYA... KBRI Singapura Buka Posko di Bandara Changi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler