Tiongkok Tetap Ikut Kualifikasi

Indonesia Hanya Target Runner-Up Grup Penyisihan

Senin, 30 Januari 2012 – 14:42 WIB
Taufik Hidayat
JAKARTA -  Perjuangan Indonesia merebut tiket putaran final Piala Thomas-Uber  2012 semakin berat. Itu setelah Negeri Panda, julukan Tiongkok, bakal turun dalam babak kualifikasi even beregu bulu tangkis tersebut yang dilaksanakan di Makau pada 13-19 Februari mendatang.

Sebelumnya, PB PBSI sudah berusaha menggagalkan tampilnya Tiongkok di kualifikasi. Bahkan, induk organisasi bulu tangkis di Indonesia itu mengajal beberapa negara untuk merealisasika keinginan tersebut.

"Sudah ada pemberitahuan resmi jika Tiongkok ikut kualifikasi," kata Manajer Tim Thomas-Uber Indonesia M Feriansyah kepada Jawa Pos.

Menurutnya, ini bukan berarti upaya yang dilakukan PB PBSI tidak berhasil. Alasannya, dalam aturan memang tidak ada larangan tuan rumah atau pun juga juara bertahan ikut ambil bagian.

"Apalagi, saat ini, babak kualifikasi ini juga sudah dianggap sebagai kejuaran beregu Asia," sambungnya.

Selain itu, para pebulu tangkis Tiongkok berlaga di babak kualifikasi karena even tersebut juga menyediakan poin untuk bisa berlaga di Olimpiade London yang dilaksanakan Juli-Agustus mendatang.

Sesuai jadwal, hari ini (30/1), rencananya dilakukan undian babak kualifikasi.  Feriansyah berharap undian tersebut akan menguntungkan Merah Putih. 

"Hanya, dengan ikutnya Tiongkok membuat persaingan di babak kualifikasi lebih ketat. Kalau kita satu grup dengan Tiongkok, harapan kami adalah runner-up grup. Memang, itu tidak mengugtungkan untuk babak selanjutnya," jelas dia.

Dengan ikutnya Tiongkok di babak kualifikasi, maka peserta kualifikasi Thomas menjadi 14 tim dan 13 tim di ajang kualifikasi Piala Uber. Dari jumlah itu, 5 tim akan lolos ke babak utama Piala Thomas dan 4 tim akan lolos ke babak utama Piala Uber. Piala Thomas-Uber 2012 akan dilangsungkan pada Mei mendatang di Wuhan, Tiongkok.       

Terlepas dari ikut bergabungnya Tiongkok ke babak kulifikasi, Feriansyah menyatakan  jika saat ini Indonesia dalam kondisi siap tempur. Tidak ada lagi pebulu tangkis yang cedera.

"Kami akan berangkat pada 9 Februari mendatang. Kami mohon doa restu dari  seluruh masyarakat tanah air," beber Feriansyah.

Tim Thomas - Uber Indonesia masing-masing diperkuat 10 pebulu tangkis. Masing-masing terdiri dari empat pemain tunggal dan tiga ganda. Satu pebulu tangkis (tunggal dan ganda) berstatus cadangan.

Untuk tim kualifikasi Thomas, pebulu tangkis tunggal yang terpilih adalah Simon Santoso, Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka. Sedangkan untak ganda  yang terpilih adalah Bona Septano, Mohammad Ahsan, Alvent Yulianto Chandra, Hendra Aprida Gunawan, Markis Kido, Hendra Setiawan

Sementara skuad kualifikasi Uber yang terplih untuk sektor tunggal adalah Lindaweni Fanetri, Adriyanti Firdasari, Maria Febe Kusumastuti, Belatrix Manuputty. Di nomor ganda pebulu tangkis yang disiapkan masing-masing  Greysia Polii, Meiliana Jauhari, Nitya Krishinda Maheswari, Anneke Feinya Agustine, Liliyana Natsir, dan Shendy Puspa Irawati.

Sebelumnya ada total terdapat 28 pebulu tangkis terbaik putra dan putri yang selama seminggu menjalai latihan bersama di Cipayung, tempat pelatnas PB PBSI. (ali/diq)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tersingkir karena Gol Bunuh Diri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler