Tips Agar Kehamilan Terasa Lebih Nyaman

Kamis, 29 Oktober 2015 – 21:30 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Perempuan hamil memiliki tantangan ekstra mulai dari mual di pagi hari, kaki kram, sakit punggung, dan berat badan yang naik drastis. Bahkan ada yang sampai mengalami sulit bernapas. Nah, pertanyaanya, adakah cara untuk mengurangi keluhan-keluhan saat mengandung?

Berikut cara agar hamil terasa nyaman, seperti dilansir laman India Times, Rabu (28/10).

BACA JUGA: Satu Lagi Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

1. Biasakan mandi air hangat sebelum Anda tidur

Mandi air dingin akan membantu menenangkan otot-otot dan sendi Anda yang terasa pegal dan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik.

BACA JUGA: Ini Manfaat Berdoa Bagi Kesehatan

2. Gunakan bantal bersalin

Bantal bersalin atau bantal prenatal yang bantal berbentuk C ini tersedia secara online, dan di jual dibeberapa toko bersalin. Bantal ini akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk tidur di malam hari dan mencegah punggung dan pinggul terasa pegal ketika Anda bangun dipagi hari.

BACA JUGA: Kapan Saatnya Anda Harus Mencuci Tangan?

3. Gunakan kursi yang memiliki sandaran kaki

Cari kursi yang nyaman di ruang tamu Anda, sebaiknya ada satu kursi yang memungkinkan Anda bisa menselonjorkan kaki karena semakin banyak waktu yang Anda habiskan di kaki Anda selama kehamilan maka Anda akan merasa semakin lelah dan tidaknyaman. Menselonjorkan kaki Anda akan meringankan ketidaknyamanan dan mencegah pembengkakan dan masalah peredaran darah lainnya.

4. Hindari pakaian ketat

Sirkulasi peredaran darah Anda saat hamil menjadi terganggu jadi hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuatnya lebih buruk dengan mengenakan pakaian ketat. Pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman.

5. Pilihlah sepatu yang nyaman yang memiliki banyak ruang

Carilah sepatu atau sendal yang membuat Anda benar-benar merasa nyaman, karena kaki Anda akan menanggung beban ketidaknyamanan Anda. Anda mungkin harus membeli sepatu yang satu ukuran lebih besar karena kaki Anda akan membengkak.

6. Berenang

Berenang adalah bentuk latihan kardio yang akan memperkuat otot-otot Anda, meningkatkan sirkulasi darah dan yang paling penting meringankan berat badan Anda. Berenang juga merupakan terapi yang akan menenangkan otot-otot dan sendi.

7. Minum air es dingin

Minum air es akan menyegarkan Anda dan juga membersihkan sistem Anda dan mempromosikan proses pembelahan sel dimana bayi tumbuh.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Memilih Mentega Yang Baik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler