Tips Agar Mudah Tidur dalam Cuaca Panas

Jumat, 07 September 2018 – 10:43 WIB
Ilustrasi Tidur. FOTO : pixabay

jpnn.com - Ketika musim panas tiba, cuaca di sekitar tentu dirasa kurang bersahabat. Panasnya udara membuat diri tidak nyaman dan rasa 'gerah' membuat Anda malas bergerak.

Tidak hanya mengganggu kegiatan sehari-hari, udara yang panas pun membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak di malam hari.

BACA JUGA: Sukses Jalankan Bisnis Tote Bag ala Lismita Maya

Menyalakan pendingin ruangan sepanjang malam mungkin bisa menjadi salah satu solusinya. Namun imbasnya, tagihan biaya listrik yang membengkak.

Oleh karenanya, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur akibat cuaca panas, seperti dilansir laman Independent, Kamis (6/9).

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Efektif Turunkan Darah Tinggi

1. Pilihlah kapas

Ketika datang ke pakaian tidur musim panas, breathability adalah kuncinya. Memakai piama katun mempermudah kulit bernapas dan udara bersirkulasi, dibandingkan dengan kain lain seperti sutra atau serat sintetis.

BACA JUGA: 3 Cara Mencegah Gangguan Pernapasan Akibat Kebakaran Hutan

Ini pada gilirannya membuat Anda lebih sejuk dan lebih nyaman dan membuat Anda lebih mudah untuk tidur.

2. Switch off

Penggunaan gadget harus berakhir idealnya setidaknya 25 menit sebelum tidur.

Cahaya biru dikenal bisa menekan pelepasan melatonin, yang merupakan sinyal tubuh bahwa inilah saatnya untuk tidur.

Karena itu, menatap layar gadget sebelum tidur akan mengganggu tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa hampir satu dari lima orang memeriksa media sosial sebelum tidur, jadi coba dan letakkan ponsel, lapto atau tablet Anda sebelum Anda tidur.

3. Tetap terhidrasi

Tidak mengherankan, minum banyak air dingin bisa membantu menjaga tubuh Anda tetap dingin.

Minum banyak air sepanjang hari disarankan untuk banyak alasan dan tidur hanyalah salah satu dari itu.

Sebaiknya bawa gelas besar ke tempat tidur dengan Anda, tetapi berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak minum sebelum tidur untuk menghindari putusnya siklus dan pergi ke toilet.

4. Jangan makan berlebihan

Makanan berat tidak masuk akal ketika datang untuk mendinginkan tubuh. Makan makanan yang kaya akan karbohidrat berarti tubuh Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya yang menciptakan suhu internal yang lebih tinggi.

5. Gunakan kembali bahan pokok musim dingin

Mengisi botol air panas Anda dengan air dingin dan meninggalkannya di dalam freezer untuk sementara sebelum menempatkan di antara seprai Anda adalah cara cepat dan sangat efektif untuk mendinginkan tempat tidur Anda untuk memastikan seprai terasa segar dan sejuk terhadap kulit Anda.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mimpi Jadi Cinderella pun Terwujud


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler