Tips Lakukan Digital Detoksifikasi Tanpa Terlalu Stres

Selasa, 10 Januari 2017 – 09:36 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - jpnn.com - Setiap kali Anda melihat anak-anak sedang serius menatap smartphone mereka, mungkin sudah waktunya untuk detoks digital.

"Digital detoksifikasi adalah sebuah cara untuk mendorong anak remaja untuk memiliki hubungan yang sehat dengan teknologi, namun bukan hanya anak Anda, tapi juga semua orang dalam keluarga harus mengembangkan hubungan yang sehat dengan teknologi," kata pakar parenting, Dr. Deborah Gilboa, seperti dilansir laman Today, Minggu (8/1).

BACA JUGA: Waspada..Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Melonjak

Sementara beberapa orang merekomendasikan detoxes digital harus dilakukan seminggu atau sebulan sekali, namun itu tidak realistis. Anda bisa melakukannya setiap beberapa menit atau beberapa jam.

"Saya pikir manfaat menarik dari setiap jenis detoks adalah bahwa perubahan perilaku akan terlihat secara otomatis dan memberikan anak-anak kemampuan untuk memiliki wawasan yang lebih luas," kata Dr. Delaney Ruston, seorang dokter dan pembuat film yang membuat film dokumenter Screenagers.

BACA JUGA: Tidak Bisa Tidur? Coba deh Trik Ini

Berikut beberapa cara digital detoksifikasi, tanpa membuat stres dalam hidup Anda.

1. Membuat jadwal istirahat harian.

BACA JUGA: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Melakukan Meditas

Hal ini penting untuk menciptakan ruang untuk keluarga Anda, di mana semua orang meletakkan perangkat gadget mereka selama 10 menit karena dengan cara ini anak-anak mulai terhubung dengan keluarga dan orang yang Anda cintai.

Atau mungkin mereka akan memilih perjalanan ke dan dari sekolah sebagai waktu tech bebas.

2. Membantu mereka terhubung dengan IRL ( dunia nyata).

Sementara beberapa berpikir bahwa remaja mencintai smartphone mereka karena mereka menyukai internet, keterikatan mereka dengan ponsel lebih dari sekadar berselancar di web.

Ini tidak benar-benar tentang memiliki akses tak terbatas ke Internet, namun adalah tentang memiliki akses terbatas kepada teman-teman mereka di kehidupan nyata, namun mereka memiliki akses tak terbatas kepada teman-teman mereka di dunia maya.

Untuk membina hubungan yang jelas IRL, menciptakan peluang bagi anak-anak Anda untuk terhubung secara sosial dengan teman-teman mereka IRL.

3. Bebas wifi di kamar tidur.

Memiliki ruang di dalam rumah, di mana tidak ada yang bisa menggunakan perangkat gadget berarti ada tempat di mana anggota keluarga bisa melakukan detoksifikasi.

Tidak ada salahnya Anda dan keluarga meletakan tablet, ponsel dan komputer di ruang tamu, yang berarti semua orang menggunakan mereka di tempat terbuka. Beberapa keluarga melarang penggunaan gadget di lantai dua rumah atau ruang makan.

Namun para ahli sepakat bahwa bebas wifi di kamar tidur berarti detokfikasi akan berjalan lebih cepat karena Anda akan bisa mendapatkan waktu tidur yang sangat Anda butuhkan.

4. Buat perjanjian dengan anggota keluarga lain.

Buat sebuah perjanjian dengan anggota keluarga lain tentang penggunaan gadget. Misalnya, tidak ada penggunaan ponsel saat makan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sering Bulan Madu, Pasangan ini Belum Dikasih Momongan


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler