Tips Makan dan Minum di bulan Ramadan

Jumat, 24 Juni 2016 – 12:57 WIB
Ilustrasi: pixabay

jpnn.com - PUASA di bulan Ramadan merupakan kewajiban semua umat muslim. Dengan puasa kita tidak makan maupun minum selama seharian atau dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. 

Setelah menjalankan puasa selama seharian tentunya hal yang paling ditunggu-tunggu yaitu waktu berbuka puasa. Segala jenis makanan biasanya sudah menanti di meja makan dan begitu menggoda. Melihat dan mencium aromanya rasanya sudah tidak sabar untuk menyantapnya.

BACA JUGA: Tips Puasa ala Si Cantik Ini Boleh Ditiru Lho

Mengonsumsi terlalu banyak makanan saat berbuka nyatanya tidak baik untuk kesehatan, terlebih lagi untuk sistem pencernaan.

Nah, agar Anda tidak makan berlebihan pada saat berbuka, Anda bisa mengikuti cara cara ini, seperti dilansir laman Alarabiya, Kamis (23/6).

BACA JUGA: Tips Liza Natalia Agar Bugar Saat Puasa

1. Hidrat

Minum banyak air. Tidak hanya itu penting untuk minum banyak air, Anda juga akan makan sedikit. Seringkali tubuh bingung membedakan antara kelaparan dan haus dan selama Ramadan Anda akan merasa keduanya. 

BACA JUGA: Kemenhub Tetapkan Rencana Operasi Angkutan Lebaran

Kelaparan ekstrem Anda sebagian bisa mereda dengan hidrasi. Minum segelas penuh air sebaiknya sebelum makan.

2. Mulai dengan makanan kecil

Mulailah buka puasa Anda dengan sesuatu yang kecil seperti kurma dan almond dan mengambil jeda sebelum makan.

3. Pelan-pelan

Ketika saatnya untuk makan, ada hiruk-pikuk tiba-tiba di meja makan. Anda telah berpuasa sepanjang hari, sekarang saatnya menikmati reward dan menikmati setiap gigitan, mengunyah perlahan dan bersyukur untuk itu. Ketika Anda mengunyah perlahan, hal ini membantu Anda menahan keinginan untuk menelan dan beralih ke gigitan berikutnya. 

4. Duduk dan fokus

Jangan makan berdiri. Ketika Anda makan dengan duduk, Anda bisa menikmati makanan tersebut dan mencapai kepuasan lebih cepat. 

5. Jangan berdiri di sekitar meja makan

Ada banyak makanan lezat di atas meja itu. Tidak bisa menemukan kemauan untuk menolaknya? Hanya meninggalkan meja. Kedekatan memainkan peran besar pada pilihan Anda untuk memilih makanan. 

6. Makan sahur yang seimbang

Sebuah sahur seimbang yang baik bisa mengurangi perasaan lapar bahkan pada buka puasa. Makan sahur penuh serat yang mencakup kombinasi dari protein, karbohidrat dan lemak baik.

7. Olahraga

Ramadan bukan alasan untuk menjadi malas. Bila Anda memiliki rencana untuk olahraga setelah berbuka puasa, Anda akan memiliki kecenderungan yang lebih rendah dari makan berlebihan. Anda tidak perlu harus melakukan sesuatu yang terlalu berat. 30 menit berjalan kaki akan cukup dan akan memotivasi Anda untuk makan sehat. Olahraga juga akan membantu Anda merasa energik setelah berbuka puasa.

8. Mendapatkan cukup tidur

Atur jadwal tidur Anda untuk Ramadan. Apa pun yang Anda pilih, tahu bahwa ada hubungan antara tidur dan nafsu makan. Makan dan tidur adalah dua fungsi yang paling dasar manusia dan penting untuk kelangsungan hidup. 

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita melepaskan hormon rasa lapar, dan sebagai akibatnya mereka bisa membuat Anda makan berlebihan selama berbuka puasa.

9. Menetapkan tujuan untuk menurunkan berat badan

Selain untuk mencapai tujuan rohani Anda, Ramadan bisa menjadi kesempatan sempurna untuk menurunkan berat badan. Menetapkan tujuan untuk menurunkan berat badan juga bisa berfungsi sebagai motivasi besar untuk makan cukup pada saat buka puasa. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Makanan Ini, Baik Dikonsumsi Saat Sahur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler