Tips Mencegah Gigitan Nyamuk menjadi Gatal

Minggu, 25 September 2016 – 02:28 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

jpnn.com - Serangga kecil ini memang menjengkelkan jika sudah mulai muncul di rumah seperti tamu tak diundang. Suaranya yang mengganggu telinga dan gigitannya yang buat bentol kulit membuat sebagian besar orang menggunakan anti nyamuk untuk menghalau serangga ini.

Tapi terkadang sia-sia, nyamuk jauh lebih cerdik. Karena memiliki tubuh yang kecil, nyamuk mudah masuk melalui celah-celah rumah atau bersembunyi di dalam rumah di antara tumpukan barang atau baju kotor yang digantung.

BACA JUGA: Mitos Aturan Kesehatan yang Terpatahkan

Gigitan nyamuk bisa menimbulkan gatal, salah-salah jika digaruk kulit bisa terluka.

"Protein dalam air liur memicu reaksi alergi ringan dari sistem kekebalan tubuh Anda, yang mengarah ke peradangan dan gatal-gatal," kata dokter kulit medis dan kosmetik, Sapna Westley, M.D, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (21/9).

BACA JUGA: Diet ini Bisa Meningkatkan Memori dan Membantu Masa Tua Anda

Untuk mencegah gatal akibat gigitan nyamuk, ada beberapa tips ampuh dibawah ini.

1. Calamine lotion

BACA JUGA: Apa Kaitan Minum Alkohol dengan Paru-paru?

Lotion permen karet berwarna yang terbuat dari seng oksida adalah garis pertama pertahanan untuk gigitan nyamuk ringan yang gatal.

Ketika lotion datang dalam kontak dengan kulit Anda, maka akan menciptakan sensasi dingin sementara mengurangi gatal dan ketidaknyamanan.

Calamine lotion tidak bekerja untuk mengurangi peradangan, jadi ia tidak akan benar-benar membantu menyembuhkan gigitan nyamuk.

2. Krim hidrokortison

Jika calamine lotion tidak ampuh, cobalah salep over-the-counter hidrokortison atau krim yang mengandung 1 persen hidrokortison.

Mereka mengandung kortikosteroid yang bisa mengurangi peradangan, kemerahan dan bengkak yang mudah gatal serta membantu gigitannyamuk lebih cepat sembuh.

3. Antihistamin oral

Mengambil antihistamin oral (seperti Benadryl) bisa menenangkan respons tubuh Anda terhadap antihistamin atau senyawa yang menyebabkan gatal.

Mereka terutama baik diminum ketika Anda mengalami kesulitan tidur, karena mereka membuat Anda mengantuk.

4. Es

Es mengurangi jumlah darah yang mengalir ke daerah gigitan sehingga mengurangi pembengkakan dan gatal.

5. Kantong teh dingin

Seperti es, kantong teh yang direndam dalam air dingin akan mengurangi aliran darah ke permukaan kulit Anda yang mencegah pembengkakan dan meringankan gatal.

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung sifat menenangkan yang melembabkan kulit dan menurunkan tingkat pH yang menenangkan iritasi dan mengurangi gatal.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan ini Bisa Turunkan Kolesterol Loh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler