Tips Mengatasi Mual di mobil Akibat Main Gadget

Sabtu, 11 Januari 2020 – 16:56 WIB
Main gadget di mobil. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Pernahkah Anda merasa pusing dan mual atau digital motion sickness saat main gawai atau gadget di mobil? 

Melansir Hellosehat dari Medical News Today, digiital motion sickness terjadi karena ketidakcocokan antara input sensorik di dalam otak.

BACA JUGA: Atasi Mual Naik MRT dengan 3 Cara Mudah Ini

Digital motion sickness atau yang dalam istilah medis disebut sebagai mabuk kendaraan karena visual, terjadi karena Anda melihat gerakan mobil dengan jalan berkelok seperti di dalam video game yang sebenarnya tidak terjadi. Akibatnya, tubuh mengalami cedera sensorik sehingga muncullah mual.

Berikut cara mengatasi mual akibat main gadget di mobil.

BACA JUGA: 6 Makanan ini Bisa Meredakan Rasa Mual

1. Memejamkan mata

Pejamkan mata Anda dan kalau memungkinkan, tidur sebentar untuk meredakan ketidakcocokan antara mata dan bagian dalam telinga.Mengunyah

BACA JUGA: 3 Cara Mudah Mengatasi Mual

 

2. Mengunyah

Mengunyah adalah salah satu metode paling sederhana untuk meredakan mual saat main HP di mobil. Mengunyah membantu meredakan ketidakcocokan antara keseimbangan tubuh dan gambar yang dilihat selama perjalanan.

3.  Melihat sekeliling

Palingkah pandangan Anda dari gadget dan mulai melihat pemandangan yang ada di balik jendela menjadi cara ampuh untuk mengurangi rasa mual. Selain itu bisa membuat otak lebih segar melihat gerakan secara visual.

4. Menghirup udara segar

Berhentilah sejenak saat bermain gadget, lalu tarik napas panjang untuk menghirup udara segara. Hindari aroma yang bisa memicu rasa mual dan muntah.

5. Berhenti bermain gadget

Tidak ada salahnya untuk menyimpan gadget Anda sejenak. Ini tentu jauh lebih baik ketimbang Anda merasakan mual sepanjang jalan karena terlalu sibuk dengan benda elektronik tersebut. (jpnn/hellosehat)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler