Tips Mengatasi Stres Akibat Kehilangan Pekerjaan

Senin, 16 November 2015 – 13:15 WIB
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - KEHILANGAN pekerjaan bisa terjadi pada siapa saja. Tua atau muda, lajang atau yang telah menikah dan bisa menjadi pengalaman yang mengerikan.

Kebanyakan dari kita, di tengah kondisi tersebut, mulai tak sabaran menunggu sampai sebuah pekerjaan impian lain datang. Wajar, sebab pekerjaan adalah sarana untuk menopang keluarga, untuk membayar tagihan dan memenuhi kebutuhan. 

BACA JUGA: Baca Nih, Menangis Itu Menyehatkan Ternyata, Mblo...

Berikut ini beberapa tips bagaimana menangani stres akibat kehilangan pekerjaan.

1. Bersiaplah

BACA JUGA: Bingung Bawa Bekal Saat Piknik? Simpan Daftar Ini Biar Nggak Bingung Lagi

"Cara terbaik untuk menangani situasi stres, termasuk stres akibat kehilangan pekerjaan adalah dengan mempersiapkan untuk diri terlebih dahulu. Siapapun yang telah bekerja untuk waktu yang cukup lama, harus memiliki tabungan dalam bentuk cair untuk minimal 3 bulan gaji terakhir mereka ditarik," kata Consultant Psychiatrist, Dr. Priyaranjan Avinash, seperti dilansir laman India Times, Minggu (15/11).

2. Hadapi perasaan Anda.

BACA JUGA: Hai Wanita, Hindari 5 Makanan Ini saat Hamil

Terlepas dari semua persiapan, ketika Anda kehilangan pekerjaan sebenarnya wajar untuk merasa sedih. Namun Anda harus menghadapinya, karena cara ini lebih mudah untuk keluar dari rasa sedih tersebut. Berbicara dengan teman terpercaya dan anggota keluarga. Bagi ketakutan dan kecemasan dan menerima kenyataan. 

3. Hal ini bisa menjadi tanda.

Kehilangan pekerjaan lebih mudah untuk diterima jika Anda bisa menemukan pelajaran dari hal tersebut. Apa yang bisa Anda dari hal tersebut? Mungkin kehilangan pekerjaan dan pengangguran telah memberikan Anda kesempatan untuk merenungkan apa yang Anda inginkan dari kehidupan Anda dan memikirkan kembali prioritas karier Anda. 

4. Tangani diri Anda dengan hal ini.

• Menjaga keseimbangan dalam hidup Anda

Pencarian kerja Anda akan lebih efektif jika Anda lebih baik secara mental, emosional, dan fisik.

• Luangkan waktu untuk olahraga secara rutin

Olahraga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres dan khawatir saat Anda sedang menganggur dan mencari pekerjaan. Olahraga juga menjaga suasana hati dan energi.

• Banyak tidur

Tidur memiliki pengaruh besar pada suasana hati Anda dan produktivitas. Pastikan Anda mendapatkan antara 7 sampai 8 jam tidur setiap malam.

5. Tetap fokus.

Fokus pada masa depan. Jangan larut dalam kesedihan terlalu lama. Lihatlah ke arah yang positif, seperti bagaimana hal ini memberikan Anda kesempatan untuk mengubah profil pekerjaan Anda atau bagaimana hal ini benar-benar bisa menjadi berkah tersembunyi. Fokus pada kesempatan kerja baru, fokus pada perubahan etos kerja, fokus pada pekerjaan futuristik. Jadi intinya adalah fokus pada apa yang Anda inginkan.(fny/jpnn)
:en="338897"

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kini Ada Dot Khusus Bayi Bibir Sumbing


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler