Tips Mengontrol Diabetes

Kamis, 19 November 2015 – 15:55 WIB
ILUSTRASI. India Times

jpnn.com - Proses pencegahan ataupun penanganan terhadap kondisi sakit diabetes atau kencing manis mengharuskan penderitanya merubah total semua pola hidup yang sehat, termasuk salah satunya penerapan pola diet diabetes secara baik. Hal ini harus di lakukan dengan tujuan agar bisa mengontrol diabetes dan kadar gula darah serta untuk mencegah agar tidak terjadi komplikasi jangka panjang yang bisa disebabkan oleh diabetes.

Oleh sebab itu coba simak langkah mudah berikut ini mengontrol diabetes seperti dilansir laman India Times, Rabu (18/11).

BACA JUGA: Efek Negatif dan Positif Tidak Berhubungan Seks

1. Makan sehat

Ini berarti makan makanan yang rendah lemak jenuh dan mengendalikan jumlah dan jenis karbohidrat yang Anda makan pada satu waktu.

BACA JUGA: BACA NIH: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

2. Aktif

Ini berarti terlibat dalam aktivitas aerobik, membangun kekuatan dan fleksibilitas pelatihan hampir setiap hari dalam seminggu. Menjadi aktif bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah jika Anda memiliki diabetes tipe 2 dan meningkatkan kesehatan jantung dan membantu dalam manajemen berat badan untuk kedua diabetes tipe 2 dan tipe 1.

BACA JUGA: Ini Penyebab Badan Anda Bau

3. Jaga insulin tetap normal

Diabetes dipicu oleh resistensi insulin dan mendapatkan kembali sensitivitas insulin bisa membantu membalikkan proses. Batasi konsumsi gula, biji-bijian dan karbohidrat olahan dan fokus pada protein yang sehat, lemak dan sayuran hijau.

4. Mengurangi stres

Stres menimbulkan kortisol dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, masalah insulin dan meningkatkan risiko untuk beberapa jenis penyakit. Kalau bisa kurangi sumber stres Anda seperti kurang tidur, paparan racun, mental dan emosional serta pola makan yang buruk. Mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap malam bisa membantu menurunkan kadar hormon stres dan sangat bagus untuk gula darah.

5. Suplemen

Suplemen bisa membantu tubuh Anda untuk mengelola kadar gula darah ideal, terutama saat tubuh Anda bekerja untuk mendapatkan reaksi insulin yang tepat lagi. Suplemen bisa membantu menurunkan gejala yang berhubungan dengan diabetes.

6. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki kekuatan untuk menurunkan kadar gula darah. Daun kemangi mengandung antioksidan kuat yang menghilangkan stres oksidatif, senyawa yang menjadi sumber masalah pada penderita diabetes.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Dia Waktu Terbaik Tanpa Alas Kaki


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler