Tips Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Selasa, 21 Juni 2016 – 22:05 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - MENJAGA kesehatan kulit, sama pentingnya dengan pola makan yang sehat selama Ramadan. Berikut tips yang bisa membantu Anda detoksifikasi kulit selama Ramadan, seperti dilansir laman Al Arabiya, Senin (20/6).

1. Hidrasi.

BACA JUGA: Dirjen Hubla Siapkan 1.273 Unit Kapal Laut

Minum cukup air memberikan manfaat pada kulit Anda. Minum setidaknya delapan gelas antara berbuka puasa dan sahur. Hindari minuman berkarbonasi atau bergula seperti soda dan jus, serta kafein karena itu akan membuat Anda dehidrasi.

Jika Anda tidak suka air putih, bisa menambahkan dengan buah-buahan. Minum air putih, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengeluarkan racun. Kemudian, bisa membuat Anda tetap terhidrasi dan bebas kalori.

BACA JUGA: Ditjen Hubla Gelar Apel Kesiapan Angkutan Lebaran 2016

Atau, Anda bisa mengkombinasi beberapa buah-buahan di bawah ini:

- Lemon, mentimun, mint.
- Jeruk, jahe, stroberi.
- Blueberry, raspberry, mint, jeruk nipis.
- Jeruk nipis, jeruk, lemon.
- Nanas, mint, jeruk.

BACA JUGA: Pangarmatim Santuni Puluhan Anak Yatim

2. Jangan terlalu sering mencuci wajah.

Selama Ramadan, kemungkinan kulit Anda dehidrasi karena puasa. Hal ini bisa semakin buruk jika Anda mencuci wajah secara berlebihan. Jika merasa perlu untuk mendinginkan kulit, gunakan semprotan kulit, seperti Evian Semprot wajah, Clarins Fix Semprot dan Caudalie Beauty Elixir.

3. Sunblock.

Selama puasa di musim panas, kulit harus tetap terlindung dari sinar matahari. Gunakan sun block pada siang hari, yang mengandung setidaknya SPF 30.

4. Makan makanan yang membuat kulit bersinar.

Jika ingin kulit bersinar, Anda bisa meningkatkan asupan makanan antioksidan selama berbuka puasa dan sahur. Karena itu, pilihlah makananan yang kaya serat dan antioksidan, seperti berry, almond, cokelat hitam dan buah delima. Makanan itu merupakan sumber vitamin dan mineral bagi kulit Anda.

5. Jaga kulit Anda.

Gunakan masker sekali atau dua kali dalam seminggu. Pastikan melakukan exfoliate (pengelupasan) kulit secara teratur, namun itu tergantung pada jenis kulit Anda. Hal itu akan membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan kulit Anda terasa halus dan lebih bercahaya.

Pengelupasan secara teratur juga merangsang sirkulasi darah di wajah Anda. Membilas wajah dengan air dingin setelah pengelupasan, bisa membantu menutup pori-pori.

6. Pelembab.

Setelah melakukan rutinitas perawatan kulit, penting melembabkan kulit Anda. Gunakan pelembab hydrating, yang membuat kurangnya konsumsi air.

7. Suplemen.

Setelah mengikuti semua langkah di atas, jika kulit masih terasa kekurangan gizi atau vitamin tertentu. Ada baiknya konsumsi suplemen kulit yang mengandung vitamin dan antioksidan.

Suplemen yang direkomendasikan untuk kulit sehat mengandung vitamin C, E dan A, serta selenium dan seng. (fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengelola Tol Cipali Bakal Hapus Empat Jalur Gate


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler