Tips Menurunkan Berat Badan 5 kg Secara Cepat

Senin, 16 Oktober 2017 – 16:51 WIB
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Menurunkan berat badan sebanyak 5 kg (kilogram) secara cepat memang sangat sulit, tapi hal itu bukan mustahil tercapai.

Dengan niat yang benar, diet, dan olahraga, target ini pasti tercapai.

BACA JUGA: Mengubah Pola Diet Bisa Atasi Depresi?

Berikut ini caranya, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (15/10).

1. Berolahraga lebih efektif.

BACA JUGA: Tak Sempat Berolahraga? Ini 3 Kiat Turunkan Berat Badan

Jika Anda pernah mendengar mantra 'bekerja lebih cerdas, tidak lebih keras', maka saatnya menerapkannya pada rutinitas latihan Anda. Di situlah latihan interval intensitas tinggi, atau HIIT, masuk.

Tujuannya dengan HIIT hanyalah membakar lemak dan membangun otot Anda. Semakin banyak otot yang Anda miliki, maka semakin banyak kalori yang akan dibakar setelah latihan. Dan ini berarti Anda akan berhasil menurunkan berat badan lebih banyak daripada hanya dengan kardio saja.

BACA JUGA: Setengah Jam Kehilangan Waktu Tidur, Berat Badan Bisa Naik?

HIIT melibatkan periode latihan intensitas tinggi, di mana Anda mendorong tubuh mencapai batas metabolisme dan kemudian periode singkat menarik napas dan pulih.

2. Latihan kekuatan juga membuat perbedaan.

Saat latihan melibatkan intensitas ekstrim, tubuh membakar lebih banyak kalori dari glikogen dan lemak Anda.

Melakukan HIIT juga berarti Anda akan meningkatkan metabolisme dalam beberapa jam setelah latihan yang membakar lebih banyak kalori.

Ketahuilah bahwa menambahkan lebih banyak cardio di luar lima atau enam sesi HIIT seminggu adalah resep untuk overtraining, yang bisa menghambat penurunan berat badan.

Jika Anda ingin membakar 5 kg lebih cepat lagi, tambahkan latihan kekuatan lebih ke rutinitas Anda.

3. Makan makanan utuh dan bukan olahan.

Bila Anda ingin kehilangan 5 kilogram, usaha gym tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak mengejar diet dengan semangat.

Apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan semakin ketat menjaga tubuh dengan nutrisi, maka semakin cepat Anda akan menurunkan berat badan.

Pikirkan makanan yang memberi nutrisi pada tubuh Anda di dalam dan di luar, yang merevitalisasi dan memberi energi pada tubuh Anda, seperti buah, sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

4. Tambahkan lebih banyak protein.

Menambahkan lebih banyak produk segar dalam makanan pasti akan membantu Anda menurunkan 5 kilogram dengan cepat, tapi protein adalah hal yang benar-benar akan membantu.

Sumber seperti daging tanpa lemak, bayam dan telur akan membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam.

5. Kurangi gula.

Menurut Healthline, sangat penting untuk mengurangi gula.

Makanan penutup gula, roti putih dan karbohidrat sederhana baik untuk memicu latihan.

Tapi ketika tidak digunakan dalam tubuh, mereka merangsang sekresi insulin, suatu hormon penyimpanan lemak utama yang ada di tubuh Anda.

Bila Anda menurunkan kadar insulin, Anda memiliki waktu yang lebih mudah membakar lemak, bukan hanya karbohidrat, otot dan berat air.

Selain itu, ginjal melepaskan sodium dan air ekstra saat kadar insulin Anda lebih rendah.

6. Tambahkan probiotik.

Bila Anda telah merombak diet dan menerapkan rutinitas latihan yang efektif, menambahkan probiotik mungkin merupakan langkah terakhir untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Probiotik menambahkan bakteri baik kembali ke usus. Penelitian menunjukkan kejadian berulang makan berlebihan dalam jangka waktu yang lama bisa membuat tubuh Anda lebih sulit menyerap nutrisi penting.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler