Titanic II Berlayar 2016

Rabu, 18 Juli 2012 – 10:13 WIB

SYDNEY – Taipan Australia Clive Palmer selangkah lebih dekat dalam mewujudkan impiannya untuk memiliki kapal pesiar Titanic II. Selasa (17/7) miliarder 58 tahun itu membeberkan konsep kapal mewah yang bakal dibuat di Tiongkok tersebut. Pria pebisnis itu memastikan bahwa kapal impiannya tersebut akan dilengkapi dek keselamatan.

’’Saya pastikan bahwa kapal ini akan dibangun sesuai standar kapal penumpang yang berlaku. Sebisa mungkin kami akan menempatkan area peluncuran kapal penyelamat sedekat mungkin dengan garis air,’’ ungkap Palmer dalam pernyataannya kemarin.

Dia menambahkan, Titanic II itu akan menjadi Titanic versi modern yang memiliki divisi kelas satu, dua, dan tiga sekaligus. Seperti Titanic yang tenggelam pada 1912, kapal pesiar impian Palmer tersebut bakal memiliki sembilan dek. Tetapi, pengusaha pemilik tambang di Negeri Kanguru itu sengaja menambahkan dek keselamatan. Dia tidak ingin Titanic II yang dijadwalkan berlayar perdana pada 2016 itu akan bernasib sama dengan pendahulunya. Jadi, keamanan dan keselamatan penumpang menjadi prioritas utama bagi bapak tiga anak tersebut.

Dek keselamatan itu bakal dilengkapi dengan pelampung layak, perosotan, dan sejumlah pengaman lainnya. Selain itu, Palmer akan memperbesar area di seluruh kapal yang bisa digunakan untuk ramah tamah. Para penumpang pun akan merasa lebih nyaman. ’’Kami akan tempatkan ruang publik, tangga penumpang, dan kabin di dek atas,’’ ujarnya.

Palmer berusaha membangun Titanic II semirip mungkin dengan Titanic yang celaka saat berlayar menuju Kota New York, AS, pada 15 April 1912. Dia sengaja menempatkan ruang publik, tangga penumpang, dan kabin sesuai dengan gambaran Titanic. Tetapi, kapal modern yang dirancang Deltamarin, perusahaan asal Finlandia, itu menambahkan tangga darurat dan tangga berjalan di dalam kapal.’’Kami memastikan bahwa kapal ini akan memulai pelayaran perdana pada akhir 2016,’’ terang Palmer.

Hanya, Titanic II tidak akan melewati rute yang sama dengan Titanic. Begitu selesai dibuat di Tiongkok, Titanic II akan menuju Inggris guna mengawali perjalanan perdana ke Amerika Utara. Sejauh ini, respons masyarakat yang tertarik menjadi calon penumpang sangat baik.  Palmer pun melengkapi Titanic II dengan kasino. Tetapi, dia akan memberlakukan aturan ketat. ’’Hanya mereka yang punya uang yang bisa bermain,’’ ungkapnya. Dalam perjalanan perdana Titanic II nanti, dia akan menjual tiga tiket sesuai kelas. Yakni, kelas satu, dua, dan tiga. Palmer sendiri mengaku akan membeli tiket kelas tiga. (AFP/hep/dwi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Orang Tewas Akibat Perkelahian Bersenjata di Pesta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler