Tito Karnavian Ingin Tunjukkan Sesuatu G20 di Bali, Para Sekda Wajib Paham

Senin, 18 April 2022 – 11:35 WIB
Mendagri Tito Karnavian meluncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah atau #GILAsSampah. Ilustrasi Foto: Puspen Kemendagri.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meluncurkan Gerakan Inovasi Langsung Aksi Tuntaskan Sampah atau #GILAsSampah di Pantai Jerman, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Tito mengatakan penanganan sampah yang optimal dan lingkungan yang bersih harus diperhatikan karena Bali menjadi salah satu tuan rumah dari rangkaian kegiatan Presidensi G20.

BACA JUGA: Anda Pernah Jadi Korban Begal Payudara? Ini Dia Pelakunya, Lihat Baik-Baik

Aspek kebersihan, lanjut Tito, akan menjadi representasi wajah Provinsi Bali secara khusus dan Indonesia secara umum dalam mengimplementasikan kebudayaan timur yang sopan, rapi, dan aman.

"Kita harus tunjukkan juga bahwa kami bisa mengelola lingkungan, yang paling gampang adalah sampah-sampah, harus bagus harus bersih," kata Tito dalam keterangannya, Minggu (17/4).

BACA JUGA: Kota Batam Punya Potensi Ekonomi Besar, Perlu Dimaksimalkan

Eks Kapolri itu berharap penanganan sampah tidak hanya dilakukan di Bali, tetapi bisa menjadi atensi seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia.

Untuk itu, dia menilai penanganan sampah perlu dilakukan dengan kolaborasi berbagai pihak.

BACA JUGA: Kunjungi Terminal Feri di Batam, Mendagri Tito Soroti Sektor Pariwisata

Jenderal purnawirawan bintang empat itu mengaku telah mengundang seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dalam agenda pembukaan Indonesia Internasional Waste (IIWAS) Expo Trisenses Bali 2022 yang berlangsung Senin (18/4) hari ini.

"Upaya ini agar semua daerah juga bersih, kotanya bersih, kabupatennya. Bukan dalam rangka G20 saja, bukan hanya untuk Bali saja," ujar pria kelahiran Palembang itu.

Mendagri Tito juga mengapresiasi upaya penanganan sampah di Bali sebagai salah satu daerah yang baik dalam menangani kotoran, khususnya dari lingkup rumah tangga.

Sebab, sampah rumah tangga di Bali dipilah antara organik dan nonorganik sehingga penanganannya menjadi lebih baik. (mcr9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rusia Masih Aktif di G20, Dubes Ukraina Tantang Indonesia


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler