TKI di Malaysia Disiksa, DPR: Ini Tidak Boleh Dibiarkan

Senin, 30 November 2020 – 07:43 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengecam penganiayaan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) berinisial MH oleh majikannya di Malaysia.

Azis mengatakan memperlakukan tenaga kerja dengan tidak baik saja sudah merupakan pelanggaran dari Undang-Undang Ketenagakerjaan, apalagi  bila sampai melalukan penyiksaan.

BACA JUGA: Mei Herianti Disiksa Keji, Kepala BP2MI: Ini Kejahatan Sekaligus Penghinaan Kepada Negara

Menurut Azis, kejadian ini mengingatkan publik kepada peristiwa-peristiwa serupa yang sebelumnya menimpa para TKI di luar negeri.

Ia menegaskan penanganan TKI yang menjadi korban harus dilakukan cepat dan terang benderang.

BACA JUGA: Tokoh Jayawijaya Papua: Jangan Biarkan, Mereka Jual, TNI dan Polri Beli

”Ini sudah pelanggaran berulang kali. Langkah hukum terhadap pelaku harus pula dikedepankan. Ini tak bisa dibiarkan ya,” kata pimpinan DPR bidang koordinasi politik, hukum, dan keamanan, itu dalam keterangan resminya, Minggu (29/11).

Menurutnya, MH dikabarkan mengalami penyiksaan antara lain pemukulan dengan benda tumpul, luka sayatan benda tajam, disiram air panas, dan tidak diberi makan.

BACA JUGA: Tujuh Terduga Teroris Diringkus, Azis Puji Densus 88 Antiteror

MH saat ini sedang mendapatkan perawatan  di rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Azis mengatakan berdasar kabar terakhir yang diterimanya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah memanggil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia.

"DPR juga meminta KBRI (di Malaysia)  terus memantau perkembangannya. Cepat lakukan langkah aktif,” ungkap Azis. 

Azis juga berharap komunikasi intensif yang dilakukan Kemenlu termasuk Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan Pemerintah Malaysia dapat menghasilkan hal positif dari peristiwa ini.

”DPR terus memantau perkembangan yang terjadi. Kami menaruh harapan kasus ini tuntas, korban segera membaik, dan komunikasi di lingkaran KBRI dengan Pemerintah Malaysia berjalan baik,” terang Azis.(boy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler