TNI AL akan Meresmikan KRI Bung Karno-369 pada 1 Juni

Rabu, 31 Mei 2023 – 14:44 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Detasemen Markas (Denma) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023). ANTARA/Fath Putra Mulya

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut akan meresmikan KRI Bung Karno-369 di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta.

Peresmian itu akan dilakukan pada Kamis 1 Juni 2023, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan bulan kelahiran Presiden Pertama RI Soekarno alias Bung Karno.

BACA JUGA: Ucap Bismillah, Megawati Resmikan KRI Bung Karno

"Besok, tanggal 1 Juni, akan diresmikan di-delivery di Kolinlamil," kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali di Detasemen Markas (Denma) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (31/5).

Laksamana Muhammad Ali menambahkan bahwa selain sebagai korvet, kapal ini juga akan dijadikan kapal kepresidenan.

BACA JUGA: TNI AL dan Angkatan Laut Filipina Kerahkan Kapal Perang, Ada Apa?

"Jadi, fungsinya ada dua, selain sebagai kapal korvet, dia (KRI Bung Karno) juga sebagai kapal kepresidenan," ungkapnya. 

Laksamana Muhammad Ali menyatakan bahwa KRI Bung Karno-369 merupakan kapal berjenis krovet yang murni buatan dalam negeri.

BACA JUGA: Respons Warga Seusai Ikut Mudik Gratis dengan Kapal Perang TNI AL

"Buatan dari putra putri terbaik dari bangsa kita ini. Jadi, bangsa kita ternyata sudah bisa membuat kapal jenis korvet untuk menjadi kapal protokoler untuk kepresidenan," katanya.

Dia menyebut bahwa KRI Bung Karno-369 akan menggantikan kapal kepresidenan yang lama, yakni KRI Barakuda.

“Dahulu, kita pernah punya kapal kepresidenan, yaitu KRI Barakuda, jenisnya masih FPB-57, masih kapal patroli kecil. Nah, ini kita tingkatkan menjadi kapal korvet untuk kapal kepresidenan," ungkap dia.

Sebelumnya, KSAL Laksamana Muhammad Ali mengatakan bahwa KRI Bung Karno-369 lebih unggul dari KRI Barakuda. Hal itu karena KRI Bung Karno-369 merupakan kapal penjelajah, bukan patroli.

Selain itu, kapal ini juga memiliki persenjataan yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan KRI Barakuda. Dari segi dimensi, kapal KRI Bung Karno-369 juga lebih besar.

"Ini panjangnya sekitar 73 meter dengan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 45 orang dan kecepatannya juga bisa cukup tinggi jika dibandingkan kapal-kapal sebelumnya,” kata Ali setelah meresmikan peluncuran kapal korvet Bung Karno di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (19/4). (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler