TNI Siap Bergerak, OPM Jangan Coba-coba

Minggu, 01 Juli 2018 – 07:27 WIB
Sat 81 Gultor Kopassus. Foto: FAIRY SURYANA FOR INDOPOS/ISTIMEWA

jpnn.com, JAKARTA - Aparat keamanan akan membubarkan kegiatan OPM (Organisasi Papua Merdeka) yang direncanakan dilakukan hari ini (1/7) untuk memeringati pendirian negara Papua Barat.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Cendrawasih Kolonel Muhammad Aidi mengatakan, pihaknya sudah mendengar rencana kegiatan 1 Juli yang dilakukan oleh OPM.

BACA JUGA: 55 Prajurit TNI Ikut Rakor Penyandang Disabilitas

Namun berdasarkan hasil koordinasi dengan aparat kepolisian, disepakati untuk tidak memberikan izin. Jika OPM tetap nekat, TNI siap bergerak.

“Dibubarkan dari kepolisian kalau ada aksi. Kalau polisi tidak sanggup ya kita akan memback-up,” ujarnya.

BACA JUGA: TNI Gelar Lomba Lari Maraton Berskala Internasional

Sebelumnya, Panglima Komando Daerah Militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat/OPM Divisi I Mamta – Papua Barat, Augustine Kres diketahui memberikan instruksi untuk melakukan upacara.

Bagi OPM, 1 Juli adalah peringatan proklamasi kemerdekaan dan pendirian negara Papua Barat oleh Presiden Papua Barat Brigadir Jenderal Seth Jafet Rumkorem di Victoria pada 1 Juli 1971.

BACA JUGA: Wiranto: Pilkada 2018 Nihil Laporan Ketidaknetralan Aparat

Aidi menambahkan, gelagat meningkatkan kegiatan OPM jelang peringatan 1 Juli sudah terlihat. Dalam beberpa waktu belakangan, OPM banyak berulah di sejumlah wilayah.

Mulai dari penembakan pesawat logistik Pilkada, hingga pembunuhan pembunuhan tukang ojek di Kabupaten Puncak. “Itu bagian dari rangkaian itu juga. Untuk menunjukkan eksistensi,” imbuhnya.

BACA JUGA: Banyak Pentolan OPM Sudah Menyerah

Meski ada indikasi tersebut, Aidi menyebut belum ada penambahan pasukan ke wilayah papua. Namun dia memastikan, semua jajarannya berada dalam keadaan siap siaga pada hari ini. “Pengamanan sudah otomatis di wilayah masing-masing, kita tetap antisipasi,” tuturnya. (far)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Serangan KKSB, Kirim 1 SSK TNI, 18 Ribu Polisi


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler