Tokko Semesta Bantu Percepatan Migrasi UMKM Surabaya ke Dunia Digital

Minggu, 21 November 2021 – 10:54 WIB
UMKM kuliner kopi. Ilustrasi UMKM: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tokko Semesta berupaya membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang selama pandemi paling terkena dampak, agar bisa kembali bangkit.

Jika perusahaan besar bisa dengan mudah migrasi ke dunia digital, tidak demikian bagi mereka.

BACA JUGA: Komitmen Tokko Membantu Pelaku UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

Hal itulah yang berusaha dibantu oleh Tokko Semesta, aplikasi pembuat toko online yang mendorong UMKM untuk jualan online dengan memaksimalkan produk dan layanannya.

Setelah hadir di Bandung pada Oktober kemarin, kini Tokko Semesta melebarkan sayap ke Surabaya, Jawa Timur.

BACA JUGA: Aplikasi Tokko Hadir Membantu UMKM Memperluas Jangkauan kepada Konsumen

Tujuannya mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur, khususnya Kota Pahlawan untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online.

Tokko memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM, serta tersedia secara online maupun offline.

BACA JUGA: Layanan Digital Kurangi 40 Persen Antrean di Kantor BPN

Saat ini mereka memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Merchant Tokko juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur Tokko Plus untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak.

“Tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat, yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” ungkap Vice Ppresident of MSME Growth Tokko Tri Sukma Anreianno, Sabtu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dalam acara peresmian menjelaskan bahwa kontribusi UMKM pada PDRB Jawa Timur tahun 2020 mencapai 57,25 persen atau setara dengan Rp1 triliun.

“Saya ucapkan selamat datang Tokko Semesta di Jawa Timur, ayo rangkul lebih banyak UMKM di Jawa Timur dan terus mengambil bagian dalam upaya transformasi digital di Indonesia,” imbuh Khofifah. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelaku UMKM Fesyen Wanita Dukung Kebijakan E-commerce Batasi Impor


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler