Toko Laptop Dibobol Bekas Karyawan

Jumat, 01 Maret 2013 – 01:34 WIB
BATAM - Setelah sebulan buron, pelaku pembobolan toko Kaka Furniture Elektronik di Pasar Aviari Batam, 28 Januari lalu akhirnya ditangkap pihak kepolisian. Pelaku ditangkap petugas Polsek Batuaji,  Selasa (27/2).

Pelaku pembobolan itu tak lain adalah Suratno, mantan karyawan di toko elektronik itu. Lajang 21 tahun itu menggasak lima unit laptop.

Polisi Batuaji yang menerima laporan pembobolan itu hampir sebulan kewalahan melacak pelakunya. Pasalnya, barang bukti maupun rekaman CCTV di toko itu tak ada sama sekali.

Namun hasil penyelidikan dari pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan pemilik toko itu, polisi akhirnya menemukan titik terang pelaku pembolan itu. "Pelaku ditangap berdasarkan petunjuk dari saksi-saksi terkait," ujar Kapolsek Batuaji Kompol Tua Turnip.

Suratno mengaku beraksi seorang diri. Saat pembobolan, Suratno masih tercatat sebagai karyawan di toko itu.

Malam sebelum kejadian, Suratno bersembunyi di dalam toko itu sebelum toko tutup. "Pagi dini hari baru saya keluar lewat pintu belakang dengan membawa lima unit laptop," ujar Suratno.

Lima unit Laptop itu dimasukan ke dalam tas ransel besar. Namun saat keluar toko, Suratno meninggalkan dua unit laptop di tempat sampah belakang toko. "Saya bawa hanya tiga ini saja pak, dua lainnya saya simpan di tempat sampah," ungkap pria yang tinggal di salah satu kos-kosan di perumahan Genta II itu.

Laptop itu rencananya akan akan dijual. Namun belum sempat menjual laptop, Suratno sudah ditangkap polisi.

Selain lima unit Laptop itu, Suratno juga membawa kabur tiga lembar cek yang masing-masing bernilai Rp 12,5 juta dan Rp 11,5 juta. Namun cek itu tak bisa dicairkkan Suratno karena sudah dibloir pemilik cek yang tak lain adalah pemilik toko Kaka Elektronik itu. Atas perbuatannya itu, Suratno dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara. (eja/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sindikat Uang Palsu Gunakan Teknisi Asing

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler