Tokoh NU Minta SBY Bertanggungjawab

Kamis, 29 Desember 2011 – 10:26 WIB

MATARAM-Kasus kekerasan yang menewaskan masyarakat di Bima mendapat perhatian serius dari tokoh Nahdatul Ulama KH A Mustofa BisriPria yang akrab disapa Gus Mus ini mengatakan, yang harus bertanggung jawab atas peristiwa di Sape, Bima tersebut adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

‘’Kapolri, Kapolda maupun Kapolres memang harus bertanggung jawab, tapi yang paling bertanggung jawab atas semua kejadian itu adalah Presiden SBY,’’ kata Gus Mus saat ditemui usai menyampaikan tausiah kepada ratusan warga Mataram di Kantor Wali Kota Mataram, kemarin.

Menurutnya, pemerintah adalah pihak yang paling awal harus bertanggung jawab atas tindakan kekerasan di Bima

BACA JUGA: 47 TKI di Arab Saudi Tunggu Nasib

Pasalnya, dalam segala permasalahan yang terjadi di masyarakat, pemerintah harus bertindak sebagai pelindung utama
‘’Tapi saya melihat pemerintah justru tidak serius menangani masalah ini,’’ ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga dinilai tidak tegas dalam mengatasi permasalahan yang terjadi

BACA JUGA: Naik Kereta, SBY Beri Kejutan Warga Cirebon

Buktinya, kata Gus Mus, ketika masyarakat memprotes kebijakan pemberian izin tambang, pemerintah terkesan bergeming dan tidak melakukan proses mediasi
‘’Kalau dari awal ditangani dengan baik, masyarakat dihargai dengan baik, saya yakin kejadiannya tidak akan seperti ini,’’ terangnya.

Gus Mus mengaku bingung melihat sikap pemerintah dan aparat kepolisian

BACA JUGA: Narkoba dan Korupsi Beda Tipis

Pemerintah menyatakan diri sebagai abdi masyarakat, sementara polisi mengklaim diri sebagai pengayom masyarakat‘’Kalau abdi itu artinya pembantu masyarakatTapi kok lagaknya seperti majikannya rakyat,’’ sindirnya.

Sementara klaim polisi sebagai pengayom sangat jauh dari kenyataan yang terjadiSebagai pengayom, polisi seharusnya tahu bagaimana menghadapi massa dalam situasi seperti ituBukan dengan mempertontonkan cara-cara kekerasan‘’Kalau pedang lawan pelor, jelas menang pelor lah,’’ ucapnya.

Lalu apa solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah Bima, Gus Mus mengatakan, salah satu solusinya adalah dengan mendinginkan suasana terlebih dahulu‘’Coolingdown dulu lahKalau masih panas seperti sekarang ini, tentu tidak akan bisa,’’ ucapnya.

Apakah perlu Kapolri, Kapolda dan Kapolres perlu diganti" Menurut Gus Mus, ia tidak punya wewenang untuk hal ituMenurutnya, mengganti Kapolri, Kapolda dan Kapolres itu urusan yang berwenang‘’Sampai saya berbusa minta Kapolri diganti tentu tidak akan ada feknya, wong saya ini sama seperti anda, masyarakat jelata,’’ tandasnya(oni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saudi Ganti Pancung Menjadi Tembak di Sel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler