Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan Dalam Waktu Dekat

Sabtu, 09 Maret 2024 – 16:10 WIB
Jalan Tol Cimanggis - Cibitung sebagai bagian dari Jaringan Tol JORR 2. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

jpnn.com - JAKARTA - Tol Cimanggis-Cibitung, sebagai bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road atau JORR 2 bakal diresmikan dalam waktu dekat.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan apabila ruas tol tersebut selesai, maka menjadi tambahan layanan transportasi darat metropolitan Jakarta yang bagus.

BACA JUGA: Detik-detik Menegangkan Giki Argadiaksa & Bininya Ditangkap di Tol JORR

"Itu yang mudah-mudahan diresmikan dalam waktu dekat. Ruas Tol Cimanggis-Cibitung ini diharapkan dapat selesai," kata Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja di Jakarta, Sabtu (9/3).

Ruas Tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari struktur jaringan JORR 2 yang mengkoneksikan antarruas tol di kawasan metropolitan Jabodetabek sebagai pusat kegiatan nasional.

BACA JUGA: Inilah 13 Ruas Tol Baru Ditarget Beroperasi Akhir 2023

Jaringan Tol JORR 2 terdiri atas Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,2 km),  Tol Kunciran - Serpong (11,4 km), Tol Serpong - Cinere (10,1 km).

Kemudian, dilanjutkan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 km), Tol Cimanggis - Cibitung (26,47 km) dan Tol Cibitung - Cilincing (34 km).

BACA JUGA: Bakal Berkantor di IKN, Jokowi: Saya Menunggu Airport dan Jalan Tolnya Jadi

Jika Ruas Tol Cimanggis-Cibitung telah diresmikan maka jaringan Jalan Tol JORR 2 terkoneksi sepenuhnya. "Insyaallah jaringan Jalan Tol JORR 2 tersambung sepenuhnya dalam waktu dekat," kata Endra.

Jaringan Tol JORR 2 ini menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke Bogor tanpa harus melalui Jakarta.

Kehadiran jaringan Tol JORR 2 tersebut meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

Akses jalan yang makin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar. Jaringan tol ini melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I yang sudah operasional. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler