Toyota 86 Ramaikan Pasar Sport Car

Sabtu, 02 Juni 2012 – 09:12 WIB

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) secara serius menggarap pasar mobil sport lagi. Penguasa pasar mobil domestik itu meluncurkan Toyota 86, penerus sedan legendaris AE 86 atau biasa dikenal dengan Toyota Trueno.

Presiden Direktur PT TAM Johnny Darmawan mengatakan, kehadiran 86 menjadi kejutan untuk konsumen di Indonesia meskipun mobil itu juga dirilis"di negara lain, terutama Jepang dan Amerika Serikat. "Sering kami terima pertanyaan, Toyota kok tidak ada sport car-nya. Ini untuk menjawabnya," ujar dia saat peluncuran 86 di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, konsep mobil tersebut sudah diperkenalkan kepada publik. Karena masih konsep, namanya saat itu FT 86 dan saat ini sudah menjadi Toyota 86. "Dalam tahap awal ini, kami ada stok 40 unit, yang tiga unit untuk test drive. Tapi, yang 37 unit sudah full booked," ungkapnya.

Johnny mengungkapkan, saat ini pihaknya pusing untuk mendapatkan pasokan lebih banyak lagi. Dia berharap bisa memperoleh sedikitnya seratus unit hingga akhir tahun nanti. Namun, itu tidak akan mudah karena penjualannya di Jepang dan Amerika Serikat juga melejit.

Direktur Marketing TAM Joko Trisanyoto mengatakan, Toyota sebenarnya punya sejarah panjang untuk produk mobil sport di dunia. Toyota 86 merupakan penerus Toyota Sport 800 (1962), Toyota 2000 GT (1965), dan dua dekade berikutnya lahir AE 86 yang merupakan generasi terakhir keluarga besar Corolla yang berpenggerak roda belakang.

Setelah itu, ada Celica dan Supra, sport car yang lebih mengedepankan lifestyle. "Kebutuhan sport car ini memang ada, termasuk di Indonesia. Dan, 86 ini"built by passion," terangnya.

Toyota 86 kali ini, kata Joko, terinspirasi AE 86 untuk spiritnya. Sedangkan konsep kasarnya merupakan konfigurasi dari keunikan Toyota Sport 800. Sementara itu, desain lebih banyak dipengaruhi Toyota 2000 GT yang dikenal sebagai kendaraan James Bond dalam film"You Only Live Twice. (gen/c10/lk)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Berpotensi Masalah, Gran Max dan Sirion Direcall


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler