Toyota Tak Akan Tinggalkan F1

Jumat, 16 Januari 2009 – 08:27 WIB
COLOGNE - Toyota kemarin menjadi tim kedua yang meluncurkan mobil barunyaTF109, kode mobil itu, diperkenalkan dengan cara yang sangat sederhana dan efisien

BACA JUGA: MU Tawar Wilson Palacios Rp 232 Miliar

Lewat internet (virtual), disusul dengan mengeluarkan rilis resmi kepada semua perwakilan media di berbagai penjuru dunia.

Seperti Ferrari F60 yang diluncurkan awal pekan ini, Toyota TF109 terlihat jauh berbeda dari pendahulunya, TF108, yang dipakai balapan musim lalu
Ini karena aturan baru yang cukup ekstrem, mengubah dimensi sayap depan dan belakang, plus membatasi ''pernik-pernik'' sayap pada bagian samping mobil.

Dengan mobil baru ini, muncul pula harapan baru dari tim yang mengandalkan pasangan Jarno Trulli dan Timo Glock tersebut

BACA JUGA: Rooney Harus Absen Tiga Pekan, Cedera Hamstring

Trulli, misalnya
Dia berharap Toyota kembali kompetitif, tampil lebih baik dari musim lalu

BACA JUGA: Chelsea Melenggang ke Babak Keempat Piala FA

Tahun lalu, Trulli berhasil naik podium sekali, sukses pertama masuk tiga besar sejak 2006.

Meski demikian, dia enggan menyebutkan target pasti''Kami masih harus menunggu sampai beberapa lomba pertamaSaya orang yang percaya diriSaya selalu optimistisJadi, saya mengawali musim ini dengan harapan tinggi,'' ucapnya.

Saking optimistisnya, Trulli membayangkan bisa bertarung berebut kemenangan memakai TF109''Semoga saya bisa bertarung mengejar kemenangan pertama ToyotaItu mimpi sayaFormula 1 sangatlah kompetitif saat iniJadi, saya yakin musim ini bakal berlangsung seru dan menarikSaya sudah tak sabar lagi,'' papar Trulli, yang baru pernah menang sekali di F1 (GP Monaco 2004 bersama Renault).

Kunci sukses Toyota, lanjut Trulli, adalah kemampuan beradaptasi dengan regulasi baruDengan aturan yang stabil, situasi jadi kompetitif, sulit menemukan keunggulanDengan aturan baru, ada peluang bagi tim di belakang untuk melonjak ke depanSiapa tahu, ini adalah tahun Toyota untuk melakukan itu.

''Toyota punya kemampuan untuk beradaptasi dengan regulasi baruSemoga ini memberi peluang bagi kami,'' kata pembalap 34 tahun tersebut.

Dalam peluncuran itu, Toyota juga menegaskan niat untuk bertahan di F1 sampai lamaPresiden tim, John Howett, menyatakan bahwa mereka tidak akan mundur, meski mendapat tekanan ekonomiDengan catatan, F1 terus menjadi seri paling bergengsi dan memberi nilai lebih bagi partisipan.

Tadasi Yamashina, principal tim F1 Toyota, menegaskan hal itu''Manajemen tertinggi Toyota Motor Corporation selalu memberi semangat kepada kami, supaya kami tidak pernah menyerahJadi, kami akan terus berjuang untuk menangMeski dengan situasi ekonomi seperti ini, TMC sangat mendukung tim kami dan semua orang di sana mengikuti perkembangan kami secara dekat,'' tuturnya. (aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Manchester United Melaju ke Puncak Klasemen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler