TPK Koja Dukung Kegiatan Perekonomian Nasional

Layani Limpahan Kapal Peti Kemas JICT

Minggu, 03 September 2017 – 18:58 WIB
Ilustrasi peti kemas. Foto: Frizal/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - JAKARTA - Terminal Peti Kemas Koja (TPK Koja) terus berupaya menggenjot produktivitas di dermaga sendiri.

TPK dan terus bekerja keras mengoptimalkan produktivitas dan layanan kepada para pelanggan di dermaga utara PT Jakarta International Container Terminal (PT JICT).

BACA JUGA: Pembangunan Perpanjangan Terminal Petikemas Belawan Ditargetkan Rampung 2018

Ketua SP TPK Koja Joko Suprayitno menjelaskan, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk tetap menjaga kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok sebagai objek vital nasional yang mendukung kegiatan perekonomian nasional.

“Serikat Pekerja (SP) TPK Koja menyadari persoalan dilematis yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok. Akan tetapi kami tetap berkomitmen untuk meneruskan kinerja dan mengoptimalkan produktivitas di TPK Koja karena kami melihat kepentingan yang lebih besar dan lebih luas yakni mendukung kegiatan perekonomian nasional,” kata Joko Suprayitno dalam keterangan resminya, Minggu (3/9).

BACA JUGA: Semester I, Pelindo I Capai Pertumbuhan Kinerja Positif

Joko mengatakan, langkah mendukung operasional TPK Koja diambil Serikat Pekerja TPK KOJA , karena mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok.

"Katakanlah kami ikut mogok, tentu potensi kerugian yang ditimbulkan bisa jauh lebih besar," lanjutnya.

BACA JUGA: Kabupaten Pulang Pisau Tawarkan Kemudahan Investasi

Menyadari hal itu , pihaknya mengakui adanya tambahan cakupan kerja mengingat pelabuhan yang dioperasikan JICT sepanjang 720 meter mesti dialihkan ke TPK Koja yang mengoperasikan pelabuhan sepanjang 650 meter.

“Memang Cakupan kerja jadi 2 kali lipat lebih besar, tapi kami sanggup bekerja ekstra,” paparnya.

Menurut Joko, penyesuaian dari limpahan JICT itu sangat membutuhkan waktu baik atas personel SDM yang ada , Pola traffic di lapangan ,Posisi penyandaran kapal , agar pelayanannya dapat mencapai optimal ,Untuk meningatkan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Oleh Management, TPK KOJA dibantu oleh kantor Pusat IPC atas proses penambahan jumlah tenaga kerja sekitar 90 orang dari lingkungan Pelindo II.

Sebelumnya, Corporate Secretary TPK Koja, Nuryono Arief, menjelaskan kinerja TPK Koja sudah berjalan sesuai harapan.

"Kami buktikan dengan pencapaian kinerja bongkar muat di dermaga utara yang sekarang sudah menunjukkan BCH (Box Crane per Hour) begitu juga dengan VOR (Vessel Operating Rate) sudah membaik, terus meningkat seiring dengan penataan lapangan sehingga proses bongkar muat menjadi lebih efisien dan tentunya berdampak kecepatan bongkar muat itu sendiri,” ujar Nuryono Arief, dalam keterangan tertulis.

Pembuktian kinerja produktivitas TPK Koja juga menjawab keraguan sejumlah pihak yang menyangsikan kemampuan perusahaan saat melayani limpahan dari PT JICT.

"Kami bermaksud menjawab berbagai informasi yang beredar itu dengan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa pelabuhan khususnya di TPK Koja. Kami sangat mengerti kepentingan dari para pengguna jasa," katanya.

Arief menegaskan, sejauh ini tugas yang diberikan kepada TPK Koja tersebut bisa dikerjakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yan baik dengan semua pihak di lingkungan Tanjung Priok

Arief juga menyebutkan TPK Koja berada di peringkat satu dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG) di antara belasan anak usaha PT Pelindo II sepanjang tahun 2016 dan tahun 2015.

Dalam penilaian tersebut, TPK Koja mendapatkan angka 82,03 untuk tahun buku 2016 dan angka sebelumnya atas nilai GCG kami di tahun 2015 adalah 73,81. (rl/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Krakatau Steel Tertolong Tol Jakarta–Cikampek


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler