Trafik Layanan Telkomsel Melonjak

Jumat, 28 Desember 2012 – 08:23 WIB
SURABAYA--Momen Natal 25 Desember lalu rupanya memberikan lonjakan traffic telekomunikasi yang cukup besar. Salah satunya, Telkomsel. Operator tersebut mengalami kenaikan cukup tinggi pada hari libur nasional kemarin. Namun, kenaikan yang paling mencolok adalah lonjakan layanan data.

Head of ICT Network Management Region Jawa Timur Division Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan, kinerja trafik layanan data Telkomsel telah mencapai angka 227 Tera Bytes. Angka tersebut lebih tinggi 21,34 persen dibandingkan trafik hari normal. "Namun, jika dibandingkan momen Natal 2011, traffic data kami sudah naik hingga dua kali lipat. Sekitar 97,17 persen," ujar dia kepada Jawa Pos, Kamis (27/12).

Di tempat ke dua adalah traffic percakapan. Dia menerangkan, dalam hari besar keagamaan itu, sudah terjadi sekitar 1,26 miliar menit pembicaraan melalui Telkomsel. "Jika dibandingkan dengan Natal 2011, kenaikannya cukup besar yakni sebanyak 29,26 persen. Namun, tren percakapan tahun ini memang meningkat. Sehingga, traffic ini hanya berbeda 2,27 persen saja dari hari normal 2012,"  jelasnya.

Kinerja yang paling rendah adalah layanan SMS. Traffic SMS yang tercatat pada hari tersebut adalah 909 juta SMS. Sebenarnya, angka tersebut lebih tinggi 8,26 persen dari hari normal pada 2012. Namun, raihan tersebut hanya naik sekitar 0,95 persen dari jumlah SMS Natal tahun lalu. Hal tersebut disebabkan oleh tren masyarakat yang lebih memilih media komunikasi berbasi data seperti BlackBerry Messenger, Whatssap, Atau Twitter.

Namun, imbuh Galumbang, tren tersebut tak terjadi di semua wilayah. "Setiap wilayah punya preferensi yang berbeda. Jatim misalnya, masih cenderung menyukai SMS dengan mencatat traffic SMS tertinggi pada saat Natal sebanyak 60 juta SMS. Kalau Jawa Barat mencatat percakapan tertinggi sebanyak 77,3 juta menit. Nah, daerah yang punya traffic data tertinggi adalah Jawa Tengah dengan capain 24,5 Tera Bytes," jelasnya. (bil)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Adhi Karya Bidik Laba 30 Persen dari Properti

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler