Traveler Harus Tahu! Ini 5 Manfaat Asuransi Perjalanan saat Traveling

Senin, 09 Mei 2022 – 12:36 WIB
Wisatawan sedang berada di salah satu bandara Indonesia (Ilustrasi). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bagi seorang traveler, asuransi perjalanan bisa dibilang sebagai produk perlindungan yang tidak boleh sampai dilewatkan.

Pada situasi yang serba tidak menentu akibat pandemi covid-19 seperti sekarang ini, perlindungan asuransi perjalanan wajib didapatkan untuk menghilangkan beban pikiran saat traveling.

BACA JUGA: Ini Cara Mendapatkan Akses Internet Saat Traveling ke Luar Negeri

Sebab, walaupun sudah banyak destinasi wisata yang sudah dibuka, tingkat vaksinasi meningkat, dan mulai gencarnya promosi tiket perjalanan, pandemi ini masih belum berakhir.

Hal tersebut membuat risiko terjadinya pembatalan perjalanan maupun masalah lainnya tetap ada dan tak bisa sepenuhnya dihilangkan. 

BACA JUGA: 5 Tips Buat Foto Traveling ala Profesional Fotografer

Hal yang bisa dilakukan oleh para traveler hanyalah menyiasati risiko tersebut dengan menyediakan perlindungan dari asuransi perjalanan.

Apa saja sih manfaat perlindungan yang bisa diberikan oleh produk keuangan tersebut?

BACA JUGA: Butuh Fotografer Saat Traveling? Klik Aja SweetEscape

Nah, agar lebih meyakinkan diri untuk mengajukan asuransi perjalanan sebelum pergi traveling, simak sederet manfaat perlindungan berikut ini:

1. Menjamin Perlindungan secara Efektif

Manfaat pertama dari memiliki asuransi perjalanan adalah menjamin perlindungan dengan lebih efektif. 

Contohnya, di masa pandemi, risiko terpapar tetap saja ada, meski sudah melakukan vaksinasi sekalipun.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, Anda mampu mengantisipasi risiko tersebut dengan lebih efektif melalui beragam perlindungan yang diberikan.

Adanya perlindungan tersebut tentu mampu menjauhkan perasaan khawatir yang malah membuat aktivitas berlibur terasa tidak tenang. Meski begitu, tetap waspada dan lakukan segala hal yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari beragam risiko di perjalanan walaupun telah mendapatkan proteksi dari produk asuransi ini.

2. Memberi Kompensasi Terhadap Risiko Pembatalan Keberangkatan

Salah satu hal yang bisa menghancurkan rencana berlibur atau traveling adalah keterlambatan maupun pembatalan jadwal penerbangan dari maskapai yang digunakan.

Hal tersebut tentu bisa membuat pengalaman liburan terasa menjengkelkan, terlebih jika tidak ada solusi maupun kompensasi apa pun yang diberikan.

Tidak hanya menyebabkan kerugian finansial dengan kehilangan biaya yang cukup besar, rencana perjalanan juga kemungkinan besar akan langsung berantakan.

Untungnya, risiko tersebut bisa Anda atasi dengan menyiapkan perlindungan dari asuransi perjalanan terbaik.

Hal ini dikarenakan produk asuransi tersebut mampu memberi kompensasi serta pertanggungjawaban terkait masalah keterlambatan maupun pembatalan keberangkatan maskapai penerbangan.

Kompensasi yang diberikan pun beragam, mulai gratis check in di hotel, penggantian tiket pesawat, dan lain sebagainya tergantung kebijakan perusahaan asuransi.

3. Menanggung Biaya Medis atau Rumah Sakit

Walaupun niat berlibur adalah untuk menyegarkan pikiran dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dan menghibur, risiko mengalami sakit dan masalah kesehatan tetap tidak bisa dihindarkan.

Belum lagi karena faktor jetlag, kelelahan, tak terbiasa dengan lingkungan atau iklim di tempat berlibur, penyakit bisa saja mendatangi para pelancong sewaktu-waktu.

Dengan adanya risiko tersebut, perlindungan asuransi perjalanan terbaik ini penting untuk didapatkan.

Jadi, saat membutuhkan perawatan medis ketika bepergian, Anda tak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam karena biayanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Keuangan pun tak berpotensi berantakan karena mengalami masalah yang tak terduga tersebut hingga menghabiskan tabungan, apalagi dana darurat.

4. Mengganti Kerugian Akibat Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Selain keterlambatan atau pergantian jadwal keberangkatan secara mendadak, risiko lain yang mungkin terjadi saat traveling menggunakan maskapai penerbangan adalah kerusakan atau kehilangan barang dan bagasi.

Walaupun secara umum risiko tersebut adalah tanggung jawab dari pihak maskapai, tapi tidak dapat dipungkiri jika ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan kompensasi saat mengalami masalah tersebut.

Hal inilah yang membuat Anda perlu mempertimbangkan kepemilikan asuransi perjalanan saat akan bepergian.

Dengan begitu, pihak asuransi bisa mengganti kerugian akibat barang bawaan yang hilang ataupun rusak karena suatu kejadian.

Asalkan memiliki bukti yang jelas dan penyebab kerusakan atau kehilangan bukan disengaja, pengajuan klaim atas perlindungan ini tidak akan sulit untuk dilakukan dan kemungkinan besar akan disetujui.

5. Perlindungan Terhadap Risiko Kematian

Tidak untuk menakut-nakuti, tapi tidak ada seorang pun yang tahu secara pasti kapan ajal akan menjemput.

Terlebih saat berlibur, risiko kematian akan menjadi lebih tinggi karena harus melakukan perjalanan yang panjang hingga sampai destinasi tujuan.

Apalagi saat berlalu lintas dan harus berkendara sendiri dengan jarak yang jauh, risiko kecelakaan yang berakibat fatal bisa saja terjadi.

Mengetahui hal tersebut, asuransi perjalanan mampu memberikan perlindungan saat pemegang polis mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Pertanggungan yang diberikan umumnya berupa santunan kepada pihak keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan.

Disadari atau tidak, melakukan perjalanan atau berlibur di luar kota atau luar negeri memberikan berbagai risiko masalah yang perlu diantisipasi.

Mulai dari risiko pembatalan keberangkatan, risiko kecelakaan, kerusakan atau kehilangan bagasi, hingga kematian bisa saja terjadi.

Untungnya, Anda bisa mendapatkan jaminan perlindungan terhadap risiko tersebut melalui asuransi perjalanan yang dipilih secara tepat dan sesuai kebutuhan. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler