Tren Penumpang Kapal Menurun

Minggu, 23 Februari 2014 – 13:14 WIB

jpnn.com - PABEAN CANTIAN - Jumlah pengguna moda transportasi laut kian menurun. Itu terlihat dari aktivitas penumpang domestik dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Sepanjang 2011, jumlah penumpang domestik yang melaksanakan perjalanan mencapai 976 ribu orang. Setahun kemudian, jumlahnya menurun menjadi 896 ribu penumpang. Tahun lalu pengguna transportasi laut hanya 734 ribu penumpang.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto mengungkapkan, salah satu penyebab menurunnya jumlah penumpang adalah faktor cuaca. Khususnya saat musim hujan disertai angin kencang seperti beberapa waktu terakhir. ''Di tengah laut, sekarang ombaknya bisa mencapai 3-5 meter. Mungkin itulah yang bikin orang berpikir ulang untuk naik kapal,'' ujarnya.

Penurunan jumlah penumpang sudah terasa ketika memasuki September. Rentang waktu tersebut bersamaan dengan dimulainya musim penghujan. Namun, pada April angkanya akan merangkak naik lagi. Rata-rata bisa mencapai 60 ribu. Sebab, pada bulan tersebut musim hujan sudah selesai. ''Karena ada kendala cuaca, banyak penumpang yang memilih menggunakan transportasi udaara. Khususnya masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas,'' jelasnya.

Sementara itu, yang tetap setia naik transportasi laut adalah kalangan pekerja sektor informal. Misalnya, pedagang, serta pekerja di perkebunan dan tambang. Edi memprediksi jumlah penumpang domestik kembali menurun pada 2014. Yakni, hanya berkisar 575 ribu penumpang domestik. ''Ya, estimasinya seperti itu. Soalnya, trennya memang selalu menurun,'' tandasnya. (dor/ai/mas)

BACA JUGA: Tergencet Truk, Istri Kades Tewas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kisruh Tes CPNS Akan Diusut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler