Tres Tapas, Segar dari Spanyol

Minggu, 14 Oktober 2012 – 11:19 WIB
BANDUNG- Dataran Eropa memiliki banyak daerah dengan segudang kuliner yang mendunia. Sebut Italia dengan pastanya, Swiss dengan cokelatnya, Perancis dengan keju dan anggurnya, serta beberapa daerah lain yang memiliki kuliner khas dengan cita rasa masing-masing. Termasuk Spanyol.

Pizza dan pasta dari Italia atau cokelat dari Swiss, juga keju serta anggur dari Perancis mungkin bisa ditemukan dengan cukup mudah di beberapa restoran maupun kafe di Bandung. Tetapi tidak dengan kuliner khas Spanyol.

Kuliner dari negeri matador ini memiliki dominasi rasa asam dari setiap jenisnya. Tetapi, rasa asam tersebut tidak diambil dari cuka, melainkan dari sari buah-buahan sehingga menimbulkan sensasi rasa yang menyegarkan dilidah.

Dari beberapa jenis kuliner khas Spanyol, bisa dikatakan jika Tres Tapas atau appetizer menjadi salah satu hidangan wajib saat memulai untuk bersantap.

Tres tapas sendiri memiliki berbagai jenis isi. Misalkan saja Tres Tapas de Queso atau hidangan pembuka yang didominasi oleh keju (queso), seperti yang terdapat di Porto Resto, yang berlokasi di Jalan Dr Setiabudi.

Dalam satu piring saji, terdapat tiga buah sendok yang masing-masingnya berisi keju dengan beberapa campuran berbeda, seperti buah zaitun, basil, semangka, sosis bebek, dada ayam panggang, tomat cherry, anggur hijau.

"Cara menyantapnya adalah satu sendok untuk satu suapan, jangan dimakan satu per satu," kata Executive Porto Resto, Erik Lowell kepada Radar Bandung (Grup JPNN).

Benar saja, kekayaan rasa dari satu sendok tres tapas de queso ini langsung terasa begitu kunyahan pertama menghancurkan berbagai isi dari hidangan pembuka tersebut. Perpaduan rasa asam, manis, dan gurih melebur menjadi satu, menciptakan sensasi rasa unik yang menyegarkan.

Keunikan dan kekayaan rasa tersebut juga diperoleh dari jenis tres tapas lainnya, yakni tres tapas de carne atau hidangan pembuka yang didominasi oleh aneka daging (carne).

Sementara untuk hidangan utama, Porto Resto menawarkan steak, bertajuk Langostinos Y Filete a la Plancha, yakni daging sapi yang di panggang dengan menggunakan merica.

Lantaran termasuk jajaran kuliner khas Spanyol, steak yang satu ini juga memiliki sentuhan rasa asam yang diperoleh dari salad yang disiram dengan saus balsamic, serta aneka buah-buahan yang menemani steak di atas piring saji.

Hidangan-hidangan khas Spanyol dengan citarasa otentik tersebut dihadirkan oleh Porto Resto hingga akhir Oktober mendatang. (mga)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Patah Tulang Pinggul Akibat Osteoporosis Meningkat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler