Trigeminal Neuralgia, Penyakit Nyeri Kronis di Wajah Bisa Ditangani dengan 3 Cara Ini, Simak

Senin, 07 Oktober 2024 – 17:29 WIB
Prosedur pengobatan Trigeminal neuralgia di RS Pusat Otak Nasional Jakarta. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Trigeminal neuralgia dianggap sebagai penyakit dengan tingkat nyeri kronis, sehingga bisa mengganggu kehidupan seseorang.

Trigeminal neuralgia ialah kondisi yang menyebabkan nyeri hebat pada satu sisi wajah. Rasanya bisa mirip dengan sengatan listrik, tersayat-sayat ataupun panas terbakar. 

BACA JUGA: Mengenal Trigeminal Neuralgia, Nyeri Berbahaya di Wajah

dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, SubSp. N-Func (K) dari RS Pusat Otak Nasional menjelaskan rasa nyeri hebat tersebut bahkan bisa muncul hanya karena tertiup angin sepoi-sepoi.

"Nyeri datang tiba-tiba dan menyambar seperti kilat, seolah-olah ada sambaran listrik di wajah. Sering kali neuralgia trigeminal," kata Dokter Mustaqim Prasetya saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta, baru-baru ini.

BACA JUGA: Nyeri Otot Bakalan Ambyar dengan 3 Bahan Alami Ini

Beruntung, kondisi trigeminal neuralgia bisa diatasi dengan pengobatan yang tepat, apa saja? 

1. Pemberian Obat Anti Kejang

BACA JUGA: Obati Nyeri Akibat Sakit Gigi dengan 5 Bahan Alami Ini

Pengobatan biasanya dimulai dengan pemberian obat antikejang yang bisa meredakan nyeri saraf. 

Obat penghilang nyeri biasa dinyatakan tidak mampu meredakan nyeri trigeminal neuralgia.

Dalam beberapa kondisi, obat penghilang nyeri saraf ini tidak lagi merespons pengobatan, sehingga memerlukan perawatan yang lebih agresif.

2. Operasi Dekompresi Mikrovaskular

Adapun langkah pengobatan agresif yang dimaksud, seperti, operasi dekompresi mikrovaskular (Micro-Vascular Decompression/ MVD Surgery).

Prosedur ini berupa pemindahan atau pengangkatan pembuluh darah yang menyentuh saraf trigeminal untuk menghentikan kerusakan saraf, sehingga menghilangkan nyeri.

Operasi bedah mikroskop ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah saraf, dengan sayatan kecil di belakang telinga pada sisi wajah yang terkena. 

Dekompresi mikrovaskular diklaim memiliki angka keberhasilan tinggi dan dapat mengurangi hingga membebaskan pasien dari nyeri. 

Prosedur ini dapat dilakukan di RS. Pusat Otak Nasional Mahar Mardjono Jakarta dengan pelayanan pengobatan trigeminal neuralgia secara terpadu.

3. Intervensi Nyeri Perkutan.

Tindakan alternatif lain untuk mengatasi nyeri trigeminal neuralgia yakni tindakan intervensi nyeri perkutan. 

Intervensi nyeri perkutan meliputi prosedur Percutaneous Radio Frequency Rhizotomy (PRFR) dan Percutaneous Balloon Compression (PBC). 

Kedua prosedur perkutan ini dapat menjadi alternatif selain operasi MVD, karena tingkat keberhasilannya diklaim cukup memuaskan.

Prosedur ini dapat dilakukan berulang dengan risiko yang lebih rendah. 

Menjadi pilihan bagi yang pasien yang tidak siap, gagal pascaoperasi MVD, kondisi medis berat atau pada wanita hamil penderita trigeminal neuralgia dengan nyeri tak tertahankan.

Beberapa terapi komplementer juga disebut bisa membantu pengobatan utama mengatasi nyeri, seperti akupunktur dan penyuntikan toksin botulinum (botox). (mcr31/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler