Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan ia akan segera mendeklarasikan Antifa sebagai organisasi teroris.

Presiden Trump mengatakan, kelompok kiri anti-fasis yang militan sebagai penggerak di balik beberapa aksi perusuhan di sejumlah kota di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Chicago Masih Mencekam, Wali Kota Terpaksa Lakukan Ini

"Itu Antifa, itu adalah orang-orang radikal kiri yang jahat. Dan mereka harus diberi pelajaran bahwa mereka tidak bisa melakukan ini," kata Presiden Trump.

Namun, desakan Presiden Trump mendapat sejumlah perlawanan.

BACA JUGA: Kerusuhan di Amerika Serikat Meluas, Inilah Instruksi Terbaru Donald Trump

Hina Shamsi, direktur National Security Project yang bernaung di bawah Serikat Kebebasan Sipil Amerika Serikat, mengatakan Presiden Trump tidak memiliki "otoritas hukum untuk menyebut sebuah kelompok lokal" sebagai organisasi teroris.

"Terorisme adalah label politik yang inheren, mudah dimanfaatkan dan disalahgunakan. Tidak ada otoritas hukum untuk menunjuk kelompok domestik [sebagai organisasi teroris]. Penunjukan seperti itu akan membangkitkan proses hukum yang signifikan dan kekhawatiran pada Amandemen Pertama," katanya kepada CNN.

BACA JUGA: Trump Ancam Kerahkan Tentara AS, Massa Malah Mendekati Gedung Putih, Rusuh!

Jadi, apa itu Antifa? 'Organisasi' yang sulit dijabarkan

Antifa, kependekan dari "anti-fasis", adalah kelompok-kelompok aktivis militan kiri yang jumlahnya tidak diketahui dan saling berafiliasi, serta individu-individu yang menentang apa yang mereka anggap sebagai "fasisme" di seluruh dunia.

Antifa mendapat perhatian ekstra setelah berhadapan dengan supremasi kulit putih di aksi unjuk rasa 'Charlottesville Unite the Right' pada tahun 2017 dan dengan kelompok sayap kanan 'The Proud Boys di Portland', Oregon, tahun lalu.

Biro Investigasi Federal (FBI) awal tahun ini beralih dengan menjadikan kelompok ekstremisme supremasi kulit putih sebagai prioritas utama yang setara dengan kelompok teroris asing, karena menanggapnya sebagai kelompok dengan risiko terbesar untuk terorisme di dalam negeri.

Para ahli memandang Antifa sebagai sebuah ideologi, ketimbang bentuk organisasi, karena Antifa tidak memiliki struktur secara keseluruhan, keanggotaan resmi, hierarki atau kepemimpinan, melainkan hanya disatukan oleh serangkaian tujuan anti-rasis, anti-seksis dan anti-kapitalis secara umum. Photo: Antifa: The Antifascist Handbook by Mark Bray (Supplied: Mark Bray)

 

Mark Bray, penulis 'Antifa: The Anti-Fascist Handbook', mengatakan kepada Radio ABC meskipun anti-fasis dikenal identik dengan kekerasan, sebagian besar kegiatan mereka sebenarnya tanpa kekerasan.

Namun ia mengatakan karena "kekerasan inheren antara fasisme dan Nazi-isme", Antifa percaya bahwa penggunaaan kekerasan kadang diperlukan. Sebuah gerakan dengan sejarah panjang yang mencuat karena media sosial

Gerakan Antifa sering dikatakan memiliki akar yang merentang sejauh Aktion Antifaschistische, yang menentang fasisme di Jerman sebelum Perang Dunia II.

Dosen bidang studi keamanan dan intelijen Charles Sturt University, Troy Whitford mengatakan, generasi anti-fasis saat ini memiliki pendahulu militan progresif 'counter-culture' tahun 1960-an dan 1970-an dan selama protes anti-globalisasi pada 1990-an dan 2000-an. Photo: Seorang pengunjuk rasa berhadapan dengan anggota Proud Boys dan demonstran sayap kanan lainnya selama rapat umum "End Domestic Terrorism" di Portland, Ore., Sabtu, 17 Agustus 2019. (AP: Noah Berger)

 

Sementara platform Antifa sebenarnya cukup masuk akal dewasa ini, katanya, adopsi kekerasan mereka sebagai taktik dan penindasan terhadap sudut pandang yang berlawanan membuat diri mereka sendiri, dalam arti tertentu, fasis.

Whitford mengatakan keunggulan Antifa dalam beberapa tahun terakhir adalah sebagian karena media sosial, yang telah memperluas penyebaran ideologi dan membuat Antifa lebih mudah mengatur gerakan balasan dan demonstrasi.

Namun Whitford mengatakan, bukan sebuah kebetulan jika profil mereka telah bertumbuh sejak pemilihan Presiden Trump pada tahun 2016.

Antifa, menurut definisi, merupakan kekuatan oposisi dan presiden Trump telah memberi mereka sesuatu untuk dilawan, katanya.

"Mereka muncul lebih kuat dan lebih keras saat pemerintahnya konservatif," katanya.

"Jika Obama ada di saat ini, tidak mungkin Anda akan mengalami demam yang sama seperti sekarang." Seberapa terlibatkah Antifa dalam protes saat ini? Photo: Demonstran memprotes kematian George Floyd, Minggu, 31 Mei 2020, di dekat Gedung Putih di Washington. (AP: Evan Vucci)

 

Penulis dan peneliti antifasis Australia, Andy Fleming mengatakan sulit untuk mengatakan seberapa besar keterlibatan Antifa dalam unjuk rasa dan kerusuhan yang saat ini terjadi di Amerika Serikat.

Dia mengatakan, mereka dapat memberikan dukungan hukum, dana jaminan, bantuan medis, menghadiri protes, membuat laporan, mempublikasikan analisis dan berusaha untuk mengekspos upaya sayap kanan untuk menyusup dan memanfaatkan protes.

"Secara umum, anti-fasis mendukung protes terhadap kebrutalan polisi rasis," katanya.

"[Tetapi] untuk mengkarakterisasi protes ini didasari atau terjadi atas dorongan anti-fasis secara radikal adalah keliru."

"Ini adalah mobilisasi yang benar-benar populer, di mana orang Afrika-Amerika, terlepas mereka mengidentifikasi diri mereka sebagai 'anti-fasis' atau tidak, memainkan peran utama." Bagaimana Anda melarang ideologi? External Link: @realDonaldTrump tweet: The United States of America will be designating ANTIFA as a Terrorist Organization.

 

Troy Whitford mengatakan mendeklarasikan Antifa sebagai kelompok teroris dalam kategori yang sama dengan Al Qaeda dan kelompok yang menamakan diri 'Islamic State' (IS), secara teori berarti menjadikan mereka sebagai subyek pengawasan dan ada usaha untuk menghentikan kegiatan mereka.

"Masalahnya adalah Antifa, sama dengan kelompok kanan ekstrim, adalah organisasi lokal. Hal ini membuat saya khawatir tentang bagaimana kaitan organisasi tersebut dengan hak kewarganegaraannya?" kata dia.

"Jika seseorang berada dalam daftar teroris, banyak hal yang dapat dilakukan pada mereka. Seperti menahan mereka selama tujuh hari tanpa tuduhan atau mewawancara mereka selama 24 jam berturut-turut," kata dia lagi.

"Sekalinya Anda masuk dalam daftar teroris dan menjadi target, pihak berwajib dapat melakukan hal-hal yang biasanya tidak dilakukan pada pelaku tindakan kriminal."

Whitford mengatakan penyebutan kelompok teroris dapat membantu mencegah kekerasan yang dilakukan oleh Antifa, tetapi dalam praktiknya, itu akan sulit ketiadaan struktur Antifa itu sendiri.

"Ini adalah hal organisasi yang cair dan karenanya akan sangat sulit untuk dilawan," katanya.

"Satu-satunya cara untuk memerangi ideologi adalah dengan ideologi lain."

Penulis dari Australia, Andy Fleming mengatakan dimensi hukum untuk deklarasi Trump tidak terlalu penting dibanding niat politiknya.

"Menurut saya adalah seputar memperkuat kedudukannya hingga pemilihan di bulan November nanti, membingkai demo tersebut sebagai ulah kekuatan politik 'pihak asing' dan membuka ruang bagi lebih banyak kebrutalan polisi," kata dia.

"Hal ini dapat dilihat sebagai tanda keputusasaan politik."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Donald Trump Kesal Ketahuan Sembunyi di Bunker, Dia Lakukan Ini Agar Terlihat Bernyali

Berita Terkait